Kami sangat bersyukur dan bangga bahwa event-event pariwisata Kaltim dapat masuk dalam KEN 2024.
Samarinda (ANTARA) - Tiga ajang pariwisata di Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Kami sangat bersyukur dan bangga bahwa event-event pariwisata Kaltim dapat masuk dalam KEN 2024. Ini merupakan pengakuan dan apresiasi dari Kemenparekraf atas kualitas dan potensi event-event kami," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Ririn Sari Dewi, di Samarinda, Rabu.

Ia mengatakan, ketiga event tersebut adalah Festival Lomplai di Kabupaten Kutai Timur, Balikpapan Fest di Kota Balikpapan, dan Festival Hudoq Pekayang di Kabupaten Mahakam Ulu.

Ririn menjelaskan, Festival Lomplai merupakan event budaya yang menampilkan kesenian tradisional Lomplai, yaitu tarian yang menggambarkan kehidupan masyarakat Kutai Timur. Festival ini digelar di Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur.

Perayaan ritual adat lomplai bertujuan memperingati pengorbanan Putri Long Diang Yuang yang dikorbankan oleh ibundanya Boq Diang Yung untuk menyelamatkan warga dari musibah kelaparan.

"Balikpapan Fest adalah event pariwisata yang rutin diselenggarakan setiap tahun, menghadirkan berbagai atraksi dan hiburan, seperti pameran kuliner, fashion, seni, dan kreatifitas, konser musik, lomba-lomba, dan bazar," ujar Ririn pula.

Festival Hudoq Pekayang adalah event budaya yang menampilkan ritual adat Hudoq, yaitu tarian topeng yang dilakukan oleh masyarakat Dayak di Mahakam Ulu untuk memohon kesuburan tanah dan hasil panen yang melimpah.

Ririn menambahkan, ketiga event pariwisata Kaltim tersebut akan diluncurkan secara resmi dalam KEN 2024 yang akan digelar pada Sabtu, 27 Januari 2024, di Gedung Sasono Utomo dan Sasono Langen Budoyo Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

"Kami mengundang masyarakat luas, khususnya wisatawan nusantara dan mancanegara, untuk datang dan menikmati event-event pariwisata Kaltim yang masuk dalam KEN 2024. Kami yakin event-event ini akan memberikan pengalaman yang berkesan dan bermanfaat bagi para pengunjung," kata Ririn.

Ririn juga mengucapkan selamat kepada kabupaten/kota lain di Indonesia yang berhasil masuk dalam KEN 2024. Ia berharap, event-event pariwisata ini dapat menjadi lokomotif atau penggerak ekonomi, terutama pariwisata, di daerah masing-masing.

KEN 2024 adalah program unggulan Kemenparekraf untuk menarik kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara ke berbagai daerah di Indonesia. Program ini mengusung nilai-nilai persatuan, kebersamaan, ekonomi, dan kreativitas.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, dalam program KEN 2024 terdapat 110 event, yang terdiri dari 100 event unggulan dan 10 event terbaik, yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.
Baca juga: Festival Lamaholot di Lembata lolos Kharisma Event Nusantara 2024
Baca juga: Empat agenda pariwisata Kepri masuk kharisma event nusantara 2024

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024