... Kencana 00 adalah kode panggilan radio dan komunikasi udara untuk sang komandan... "
Jakarta (ANTARA News) - Waktu menunjukkan pukul 08.00 WIB saat pesawat transport VIP Boeing B-737 400 Skadron Udara VIP 17 Wing 1 TNI AU di Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, lepas landas dari landas pacu 24.

Sekilas penerbangan pesawat terbang dari skuadron udara dengan tugas pokok penerbangan VIP dan kepresidenan itu adalah penerbangan biasa. 

Pihak Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma, menurut petugas penerangan pangkalan udara itu, memiliki tradisi tersendiri untuk melepas komandan lama skuadron udara khusus itu.

Di kokpit Boeing B-737 400 itu, duduk dua orang letnan kolonel penerbang. Di kursi kiri sebagai pilot in command adalah Letnan Kolonel Penerbang Firman Wirayuda sebagai komandan lama, dan di kursi kanan, kursi ko pilot, duduk penggantinya, Letnan Kolonel Penerbang Ali Gusman. 

Terbang perpisahan itu berlangsung selama 30 menit, dengan rute di ruang udara sekitar pangkalan udara itu, Jakarta, hingga Jawa Barat. 

Seusai terbang perpisahan yang diawaki sesuai prosedur standar operasi penerbangan VIP, Boeing B-737 400 yang interiornya telah diubah menjadi pesawat terbang kepresidenan itu mendarat.

Inilah satu-satunya skuadron udara sayap tetap TNI AU yang fungsi dan tugas pokoknya mirip dengan Presidential Airlift Group 89th Airlift Wing Angkatan Udara Amerika Serikat, yang ternama dengan Air Force One-nya. 

Di dalam tabel personel dan peralatan skuadron udara itu, terdaftar Boeing B-737 400, C-130 H Hercules, dan F-27 Friendship. Dahulu juga terdaftar AS-332 Super Puma di dalamnya, namun sejak dua tahun lalu dibentuk Skuadron Udara 45 TNI AU dengan tugas utama penerbangan VIP pesawat terbang sayap putar alias helikopter. 

Di apron hanggar Skuadron Udara VIP 17 yang bersebelahan dengan hanggar Skuadron Udara 2 TNI AU, seluruh penerbang, awak kabin, teknisi, pendukung administrasi dan personel lain Skuadron Udara VIP TNI AU 17 telah berbaris.

Mereka bersiap mengikuti apel khusus, penyematan badge Kencana Zero Zero di bahu kiri atas flight suit Gusman. Penyematan dari komandan lama kepada komandan baru disaksikan seluruh awak skuadron udara khusus itu. 

Kencana Zero Zero alias Kencana 00 adalah kode panggilan radio dan komunikasi udara untuk sang komandan. 

Nama depan "kencana" dipilih karena pesawat-pesawat udara skuadron udara itu merupakan "kereta" alias kencana bagi para presiden, wakil presiden, tamu negara, dan petinggi lain negara ini. 

Tongkat komando dan tanda pangkat berlis merah belum diserahkan, karena penyerahterimaan itu menjadi kewenangan komandan Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma. 

Demikianlah, mission accomplished, Sir!

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013