Cologne (ANTARA) - Aktivis iklim asal Swedia Greta Thunberg mengecam serangan Israel di Jalur Gaza sebagai “genosida.”

Berbicara dalam sebuah protes di kota Leipzig, Jerman, Rabu, Thunberg dalam kehadirannya yang mengejutkan mengatakan bahwa tak seorang pun boleh tinggal diam “dalam menghadapi genosida.”

“Kita tidak bisa tinggal diam. Tidak ada seorang pun yang boleh tinggal diam ketika genosida sedang berlangsung dan ketika kebutuhan dasar manusia tidak terpenuhi,” kata Thunberg.

“Kita harus selalu berdiri dan bersuara melawan penindasan, imperialisme, perang, segala bentuk diskriminasi dan rasisme. Membela Palestina sama dengan menjadi manusia. Kita tidak bisa membiarkan diri kita dibungkam,” ujarnya.

Thunberg, 21 tahun, yang dikenal karena kerap menekan pemerintah di seluruh dunia untuk mengambil tindakan melawan perubahan iklim, sebelumnya telah menyuarakan dukungannya terhadap Palestina, yang tengah menghadapi serangan tiada henti Israel selama tiga bulan lebih di Jalur Gaza.

Dia mendapat kritik dari beberapa pihak di Jerman karena aksinya itu.

Serangan Israel di Jalur Gaza terus berlanjut sejak 7 Oktober 2023 dan telah menewaskan sedikitnya 25.700 warga Palestina dan melukai 63.740 lainnya. Di sisi lain, hampir 1.200 warga Israel diyakini tewas dalam serangan Hamas.

Perang Israel di Gaza juga telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza menjadi pengungsi di tengah krisis makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara lebih dari separuh infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Afrika Selatan telah melayangkan perkara genosida Gaza oleh Israel kepada Mahkamah Internasional (ICJ) di Den Haag, Belanda, pada 29 Desember 2023. Sidang ICJ yang mendengarkan pendapat lisan Afrika Selatan dan Israel telah digelar, masing-masing pada 11 dan 12 Januari 2024.

ICJ akan memberikan putusan mengenai permohonan persidangan kasus dugaan genosida Israel pada Jumat (26/1).

Sumber: Anadolu
Baca juga: Greta Thunberg suarakan dukungannya untuk Palestina
Baca juga: Aktivis lingkungan Greta Thunberg diinterupsi saat berbicara Palestina
Baca juga: Aktivis Greta Thunberg didenda karena tak pedulikan perintah polisi

 

Penerjemah: Shofi Ayudiana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024