Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Hasyim Asy’ari mengatakan hingga saat ini sekitar 99 persen lebih surat suara telah disortir dan dilipat sehingga tinggal menunggu dikemas dan dimasukkan dalam kotak-kotak suara.

"Dalam waktu yang tidak terlalu lama, awal Februari akan segera didorong supaya pada waktu yang telah ditentukan H-1 atau satu hari sebelum hari pemungutan suara, kotak suara yang berisi alat-alat perlengkapan, pemungutan dan penghitungan suara sudah tiba di TPS (tempat pemungutan suara) masing-masing," kata Hasyim saat acara pelantikan anggota KPPS se-Indonesia di Jakarta, Kamis.

Hasyim menjelaskan ada 820.161 TPS untuk Pemilu 2024. Setiap TPS ada tujuh orang petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) sehingga total petugas KPPS yang bertugas selama Pemilu 2024 sebanyak 5.741.127 orang.

Baca juga: KPU lantik 5,7 juta lebih anggota KPPS serentak di 71.000 lokasi

Kepada para petugas KPPS yang dilantik hari ini, Hasyim juga mengingatkan mereka untuk bekerja profesional sesuai kode etik penyelenggara pemilu.

"Tolong hal ini nanti dipahamkan oleh teman-teman KPU kabupaten/kota, PPK (panitia pemilihan kecamatan), PPS (panitia pemungutan suara), kepada para anggota KPPS supaya bekerja penuh integritas, profesional, mandiri, transparan, dan akuntabel,” kata Hasyim.

Baca juga: KPU pastikan ada jaminan sosial dan cek kesehatan buat anggota kpps

Dia berharap petugas KPPS dapat bersama-sama berikhtiar untuk meningkatkan kualitas layanan KPU, terutama kepada pemilih dalam menggunakan hak pilihnya di TPS.

"Oleh karena itu, kami minta anggota KPPS semuanya di seluruh Indonesia menjaga integritas pemilu dan juga menjaga orisinalitas atau keaslian ekspresi pilihan pemilih, mulai dari TPS sampai nanti di ujung akhir rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat nasional dan penetapan hasil pemilu di tingkat nasional berkesesuaian dengan ekspresi pemilih di TPS nanti pada 14 Februari 2024,” kata Hasyim Asy’ari.

KPU RI menetapkan pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung pada 14 Februari 2024, sementara untuk beberapa daerah di luar negeri, pemungutan suara berlangsung lebih awal mulai pada 5 hingga 14 Februari 2024.

Baca juga: KPU RI pastikan proses pengemasan logistik pemilu selesai 1 Februari
Baca juga: KPU sebut tak ada ketentuan mengatur ibu negara berkampanye

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024