BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai tanggal 26 - 28 Januari 2024
Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga mewaspadai potensi cuaca ekstrem di wilayah Sulawesi Utara (Sulut) hingga beberapa hari ke depan.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai tanggal 26 - 28 Januari 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle di Manado, Kamis.

Dia berharap warga mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada hampir sebagian besar kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

"BMKG terus melakukan pemutakhiran data dan informasi melalui kanal-kanal yang terverifikasi," ujarnya.

Baca juga: BMKG prakirakan sejumlah daerah di Indonesia diguyur hujan

Warga yang bermukim di daerah rawan banjir, tanah longsor, serta pohon tumbang, kata dia, diharapkan berhati-hati apabila melakukan aktivitas saat cuaca ekstrem.

Dia menyebutkan pada 26 Januari 2024 kondisi cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di wilayah Kota Manado, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Pada hari berikutnya, lanjut dia, berpeluang cuaca ekstrem di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sedangkan pada 28 Januari 2024 cuaca ekstrem berpeluang terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Baca juga: BMKG: Waspada gelombang tinggi 2,5 meter di Banten dan Selat Sunda

 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024