Yinchuan (ANTARA) - Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia di China barat laut pada Selasa (23/1) mengirim tim medis ke Benin, sebuah negara di Afrika Barat, untuk memberikan layanan medis bagi warga setempat,

Menurut komisi kesehatan daerah tersebut, terdapat total 22 tenaga medis akan bekerja di Benin selama satu setengah tahun. Kali ini merupakan tim medis ke-27 asal Ningxia yang berangkat ke Benin.

Para tenaga medis tersebut didatangkan dari berbagai rumah sakit di Ningxia, yang mencakup bidang bedah, ortopedi, penyakit dalam, pediatri, ginekologi, dan pengobatan tradisional China (traditional Chinese medicine/TCM).

Yang Ping, dokter dari Rumah Sakit Umum Universitas Kedokteran Ningxia yang sekaligus pemimpin tim, menyampaikan bahwa timnya akan membantu meningkatkan kesehatan, perawatan medis, dan tingkat kebersihan di Benin, serta mendorong pertukaran dan kerja sama di bidang TCM.

China telah mengirim tim medis ke Benin sejak 1978. Hingga akhir 2023, Ningxia telah mengirim 616 tenaga medis dalam 26 tim ke negara itu untuk memberikan layanan medis ke lebih dari 3 juta warga.

Tahun lalu, tim medis asal Ningxia resmi mendirikan departemen TCM di sebuah rumah sakit lokal di Benin, dan telah mendorong pengembangan pengobatan jarak jauh (telemedicine) sejak 2019.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024