Bogor (ANTARA) - Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste Xanana Gusmao mengucapkan selamat atas kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo selama 10 tahun.

"Saya senang bahwa kunjungan ini dapat memberikan saya kesempatan untuk mengucapkan selamat secara langsung kepada Bapak Presiden atas kepemimpinan Bapak selama 10 tahun terakhir sebagai Presiden Indonesia," kata PM Xanana dalam keterangan pers bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Dalam keterangannya, PM Xanana mengapresiasi atas sambutan hangat dan undangan yang diberikan Presiden Jokowi.

Perdana Menteri yang baru dilantik pada bulan Juli 2023 itu juga berharap sukses pesta demokrasi atau pemilu di Indonesia

Menurut PM Xanana, Indonesia merupakan salah satu negara demokrasi terbesar yang akan memberikan harapan kepada banyak orang.

Xanana mengatakan bahwa kerja sama serta persahabatan antara Timor Leste dan Indonesia telah terjalin dengan baik di bawah Pemerintahan Presiden Jokowi.

Ia pun meyakini bahwa kerja sama dan hubungan tersebut akan terus berlanjut pada pemerintahan yang baru.

Dukungan Indonesia terhadap keanggotaan penuh Timor Leste dalam ASEAN juga tak luput disinggung oleh PM Xanana.

"Saya ingin mengakhiri dengan berterima kasih kepada Presiden Jokowi atas dukungan Indonesia terhadap Timor Leste dan keanggotaannya secara penuh di ASEAN," kata Xanana.

Kunjungan resmi PM Xanana Gusmao di Istana Bogor ini merupakan kali kunjungan internasional pertamanya sejak dilantik sebagai Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste pada bulan Juli 2023.

Sebelumnya, PM Xanana Gusmao berkunjung ke Indonesia saat menghadiri KTT Ke-43 ASEAN pada bulan September 2023.

Baca juga: Presiden Jokowi terima kunjungan resmi PM Timor Leste di Istana Bogor
Baca juga: Indonesia-Timor Leste bahas lima kesepakatan termasuk batas darat

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024