Jakarta (ANTARA) - Sejumlah perdana menteri negara ASEAN telah hadir di Jakarta untuk mengikuti serangkaian pertemuan KTT ke-43 ASEAN 2023 yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo pada 5 hingga 7 September 2023.

Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden di Jakarta melaporkan sebanyak lima kepala negara dilaporkan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin.

Mereka adalah Perdana Menteri (PM) Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao yang tiba hari ini sekitar pukul 07.50 WIB.

Kedatangan PM Xanana Gusmao disambut oleh Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar dan Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Talenta Kemendikbud Ristek Tatang Musttaqin.

Berikutnya adalah Perdana Menteri (PM) Vietnam Pham Minh Chinh yang tiba sekitar pukul 10.35 WIB. PM Vietnam disambut oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Ta Van Thong.

Selang satu jam kemudian, Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Manet beserta pendamping tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan disambut oleh jajaran pasukan kehormatan dan tarian tradisional.

Tim penyambut terdiri atas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Duta Besar Kamboja untuk Indonesia Iv Heang.

Pada pukul 13.20 WIB, giliran Perdana Menteri (PM) Laos Sonexay Siphandone beserta pendamping tiba di Tanah Air dan disambut oleh jajaran pasukan kehormatan dan tarian tradisional.

Turut menyambut kedatangan PM Laos antara lain Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat Kemendikbud Ristek Muhammad Adlin Sila.

Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim beserta pendamping dilaporkan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, sekitar pukul 15.20 WIB. Ketibaan PM Anwar beserta pendamping disambut oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Sebelumnya, Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, pada Minggu (3/9) pukul 19.25 WIB. PM Mark diagendakan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 dalam kapasitasnya sebagai Ketua Pacific Island Forum (PIF).

PM Mark Brown disambut oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto di ruang Naratetama Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta.

Para pemimpin negara tersebut dijadwalkan menghadiri KTT ASEAN 2023 di Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, pada pada 5 hingga 7 September 2023.

Baca juga: Sembilan negara anggota KTT ASEAN tiba di Indonesia
Baca juga: Para tamu KTT ASEAN 2023 disambut dengan tarian khas Banten
Baca juga: Kemlu: Tema ASEAN 2023 bukan hanya sebatas retorika

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023