Di daerah remote (terpencil) itu memang mesti ada perlakuan khusus.
Labuan Bajo (ANTARA) - Calon Presiden RI Ganjar Pranowo berjanji memberikan subsidi untuk menekan harga tiket pesawat yang mahal, terutama dari dan ke bagian timur Indonesia.

"Di daerah remote (terpencil) itu memang mesti ada perlakuan khusus. Maka, perlakuan khusus itu bisa bermacam-macam, ya, termasuk memberikan subsidi angkutan," ujar Ganjar kepada ANTARA di Stadion Golo Dukal, Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, NTT, Jumat.

Ganjar mengaku sudah banyak berdiskusi dengan banyak pihak terkait dengan harga tiket pesawat yang mahal. Oleh karena itu, dia siap menampung aspirasi bila ada masukan dari masyarakat luas.

"Maka, ini yang penting hari ini yang kita pikirkan," katanya.

Sebelumnya, Senin (8/1), Ganjar Pranowo menuturkan bahwa pemerintah daerah juga bisa memberikan insentif. Hal ini agar tiket pesawat murah sehingga banyak wisatawan ke destinasi pariwisata di bagian timur Indonesia

"Jadi, beberapa daerah yang hari ini ingin mendapatkan tempat atau destinasinya dikunjungi orang, dia membuat event (acara). Beberapa daerah karena belum ada penerbangan yang rutin, belum sehat kembali, mesti diberikan insentif. Apa? Daerahnya memberikan subsidi," ucap Ganjar.

Ia mencontohkan insentif untuk penerbangan murah pernah dilakukan saat dia menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Baca juga: Tiba di Manggarai NTT, Ganjar Pranowo Temui Uskup Ruteng
Baca juga: Ganjar tak tahu Jokowi minta bertemu Megawati Soekarnoputri


Berdasarkan pantauan ANTARA di situs web perjalanan wisata pukul 16.42 WITA, harga tiket pada hari Minggu (28/1) dengan rute Jakarta-Jayapura paling rendah Rp4.264.000,00 dan paling mahal Rp5.816.100,00.

Jakarta-Sorong paling rendah Rp2.637.300,00 dan paling mahal Rp4.242.200,00. Rute Jakarta-Kupang paling rendah Rp1.732.400,00 dan paling mahal Rp4.158.661,00.

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024