Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengapresiasi prestasi tim nasional Indonesia yang mengalami peningkatan.

Timnas Indonesia mengukir sejarah untuk pertama kali lolos ke babak 16 besar Piala Asia sepanjang keikutsertaannya.

"Alhamdulillah. Ini sejarah setelah 2007 terakhir lolos di Piala Asia, akhirnya kita lolos kemarin setelah 17 tahun. Dan yang menggembirakan ini juga pencapaian yang luar biasa karena akhirnya juga lolos ke 16 besar," kata Menpora Dito dilansir dari keterangan resmi, Jumat.

Menpora Dito berkomitmen akan mendukung semua cabang olahraga tidak hanya sepakbola sehingga membawa bendera Merah Putih semakin berkibar di kancah internasional. “Tidak hanya sepak bola, semua olahraga kita dukung, yang bisa membawa Merah Putih makin bangga lagi,” sebut Menpora Dito.

Karenanya Menpora memberikan apresiasi kepada Timnas Indonesia, baik atlet, pelatih, dan juga seluruh stakeholder di Timnas. Termasuk pula PSSI yang selalu bersemangat melakukan transformasi pengelolaan sepak bola di Indonesia.

Baca juga: Presiden senang Timnas Indonesia lolos 16 besar Piala Asia

Perihal bonus kepada pemain, Menpora Dito menyerahkannya kepada federasi mengingat Piala Asia merupakan single event. Meski demikian dari Pemerintah pastinya akan memberikan apresiasi kepada para pelaku olahraga yang berhasil mencapai target.

“Ya pasti kita tetap konsisten dan fokus mendukung secara program dan anggaran untuk transformasi sepak bola,” tegas Menpora Dito.

Dalam babak penyisihan Piala Asia 2023 di Qatar, Indonesia tergabung di Grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang. Indonesia menduduki peringkat ketiga di klasemen akhir fase grup dengan nilai 3, hasil dari satu-satunya kemenangan melawan Vietnam.

Atas hasil tersebut, Indonesia berada di posisi keempat peringkat tiga terbaik dari keseluruhan grup. Empat peringkat ketiga terbaik berhak lolos ke babak 16 besar bersama juara dan runner-up grup. Di babak 16 besar Indonesia akan menghadapi Australia, Minggu (28/1) mendatang.

Baca juga: PSSI janjikan kucuran bonus ke timnas jika tampil apik di Piala Asia

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024