Jakarta (ANTARA) - Komisi Informasi (KI) Provinsi DKI Jakarta menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-12 dengan komitmen mengawal keterbukaan informasi publik di DKI Jakarta. 

HUT kali ini bertema "Refleksi 12 Tahun Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta Kawal Keterbukaan Informasi Publik" untuk badan publik yang lebih informatif, adaptif dan sinergis.
 
"KI DKI Jakarta telah berdiri selama 12 tahun, ini adalah usia yang matang bagi sebuah lembaga," kata Ketua KI DKI Harry Ara Hutabarat dalam sambutannya di Kantor KI DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat.

​​​​KI DKI berharap bisa terus berkembang dan berdampak besar bagi peningkatan kualitas layanan informasi publik di Jakarta.

Baca juga: KI DKI bersinergi untuk perkuat hak akses informasi di DKI Jakarta
 
Peringatan ini digelar untuk merefleksikan kembali perjalanan KI Provinsi DKI Jakarta sekaligus mempererat tali silaturahmi komisioner KI DKI Jakarta dari masa ke masa.

Harry menyebutkan, di usia yang ke-12 tahun, KI DKI Jakarta konsisten mengawal keterbukaan informasi publik di Jakarta. Konsistensi ini sebagai bentuk komitmen komisioner dalam menjalankan tugas dan fungsi sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
 
Harry menjelaskan, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) menjadi instrumen penting dalam menciptakan pemerintahan yang transparan dan akuntabel.
 
Karena itu, Harry berharap UU KIP dapat menjadi pedoman badan publik dalam meningkatkan kualitas layanan informasi publik serta menjamin hak dasar masyarakat untuk mengakses dan memperoleh informasi.
 
"UU KIP harus menjadi acuan bagi badan publik untuk membenahi sekaligus memperbaiki kualitas layanan informasi publiknya," kata Harry.

Baca juga: KI DKI sinergi BP BUMD wujudkan predikat BUMD informatif di 2024
 
Harry mengucapkan terima kasih kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Provinsi DKI Jakarta dan pihak pemangku kepentingan terkait (stakeholders) yang turut menjadi bagian penting dari terlaksananya program dan kegiatan KI DKI Jakarta.
 
Acara HUT Ke-12 KI DKI Jakarta diisi dengan berbagai kegiatan meliputi pemutaran video refleksi 12 tahun KI DKI Jakarta, penyematan Duta Sahabat Komisi Informasi DKI Jakarta Tahun 2024, sosialisasi hunian terjangkau oleh DPRKP DKI Jakarta dan deklarasi Pemilu Terbuka 2024.
 
Pelaksanaan HUT Ke-12 KI DKI Jakarta berkolaborasi dengan SKPD Provinsi DKI Jakarta seperti Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta dan BUMD DKI Jakarta.
 
 
 
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024