Sengketa lahan ini tidak mengganggu layanan publik yang kami terapkan, khususnya jadwal penerbangan.
Gorontalo (ANTARA) - Sengketa lahan Bandar Udara (Bandara) Djalaluddin Gorontalo tidak mengganggu layanan dan jadwal penerbangan, kata Kepala Bandara Djalaluddin Joko Harjani, di Gorontalo, Jumat.

Dalam keterangan pers yang disampaikan, Joko mengatakan Bandara Djalaluddin Gorontalo pada tanggal 22 Juni 2022 telah menerima gugatan sebagai tergugat dua dan Pemerintah Provinsi Gorontalo sebagai tergugat satu terhadap lahan yang berada di daerah keamanan terbatas atau di sekitar Gedung PKP-PK.

Penggugat Pang Moniaga menuntut bahwa lahan yang digugat seluas 7.448 meter persegi yang merupakan hibah tahun 2017 dari Pemerintah Provinsi Gorontalo kepada Bandara Djalaluddin tersebut dinyatakan benar milik penggugat.

Pihak Pemprov Gorontalo dan Bandara Djalaluddin sebelumnya telah melakukan upaya musyawarah dan mediasi dengan penggugat, namun tidak mendapatkan solusi.

"Pihak penggugat kemudian menempuh jalur hukum," kata Joko dalam keterangan persnya.

Pemprov Gorontalo dan Bandara Djalaluddin mengikuti seluruh proses hukum.

Adapun proses hukum yang telah dijalani adalah dari pengadilan negeri, pengadilan tinggi hingga telah sampai pada tahapan kasasi di Mahkamah Agung (MA) RI.

Adapun putusan dari MA RI menyatakan bahwa lahan yang digugat tersebut adalah milik penggugat, menyatakan semua surat yang diajukan penggugat adalah sah dan berharga serta dinyatakan mempunyai kekuatan hukum yang mengikat, dan menghukum para tergugat untuk membayar uang paksa serta membayar kerugian materiil kepada penggugat berdasarkan perhitungan tim pembebasan tanah.

Saat ini, pihaknya, kata Joko lagi, telah berkoordinasi dengan pihak Pemprov Gorontalo terkait penyelesaian masalah ini.

Pihaknya juga menegaskan bahwa permasalahan ini tidak akan mengganggu operasional keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.

"Sengketa lahan ini tidak mengganggu layanan publik yang kami terapkan, khususnya jadwal penerbangan," katanya pula.
Baca juga: Bandara Djalaluddin jadi gerbang utama wisatawan ke Gorontalo
Baca juga: Semua penumpang di Bandara Djalaludin Gorontalo diukur suhu tubuhnya

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024