Untuk 2024 dapat menuntaskan sisa dari target ditambah 300 kilometer lainnya yang masih dalam kondisi rusak mulai dari wilayah utara hingga selatan Cianjur, dimana anggarannya sudah dialokasikan dari APBD dan Dana Alokasi Khusus serta bantuan provins
Cianjur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menargetkan pembangunan sekitar 245 kilometer jalan kabupaten yang masih rusak di sejumlah wilayah di Cianjur, tuntas di akhir 2025 sehingga target 1.000 kilometer jalan beton tercapai sebelum 2026.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR) Cianjur, Eri Rihandiar di Cianjur Jumat, mengatakan target pembangunan 1.000 kilometer jalan beton yang sudah tuntas sekitar 755 kilometer yang membentang di sejumlah kecamatan di Cianjur di akhir 2023.

"Untuk 2024 dapat menuntaskan sisa dari target ditambah 300 kilometer lainnya yang masih dalam kondisi rusak mulai dari wilayah utara hingga selatan Cianjur, dimana anggarannya sudah dialokasikan dari APBD dan Dana Alokasi Khusus serta bantuan provinsi," katanya.

Hingga akhir 2024, target pembangunan jalan kabupaten yang rusak sesuai program Bupati Cianjur, sepanjang 245 kilometer dapat dituntaskan sehingga target 1.000 kilometer jalan beton selesai sebelum target di 2026 ditambah dengan 300 kilometer.

Pihaknya mencatat 300 kilometer jalan kabupaten lainnya terutama di wilayah selatan Cianjur dalam kondisi rusak berat sehingga aktifitas warga terhambat, untuk target pembangunan sudah berjalan di 2025, sehingga kualitas jalan baik di Cianjur setiap tahun akan terus bertambah.

"Setelah target 1.000 kilometer jalan beton tuntas dilakukan, dilanjutkan dengan pembangunan jalan rusak di sejumlah kecamatan seperti Sukaresmi, Cikalongkulon, Mande dan Sukaluyu, dan sebagian besar wilayah selatan dengan total panjang 300 kilometer," katanya.

Sedangkan terkait banyaknya jembatan penghubung antar kecamatan dan desa, pihaknya telah mengajukan anggaran perbaikan melalui pemerintah pusat dengan total Rp25 miliar, karena perbaikan jembatan membutuhkan anggaran yang cukup besar.

"Tercatat lebih dari 30 jembatan yang rusak dan akan diperbaiki secara permanen dengan mengajukan anggaran ke pemerintah pusat, harapan kami dapat dikabulkan sehingga puluhan jembatan yang rusak dapat diperbaiki pada 2024," katanya.

Baca juga: Diskuperdagin bersama Bulog salurkan beras murah tekan kenaikan

Baca juga: Pemkab Cianjur : Kantor dan toko wajib miliki jalur evakuasi dan APAR

Baca juga: Pemkab Cianjur: Santri pondok pesantren dapat pelajaran bertani

 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024