... Mkhitaryan merestorasi keunggulan Dortmund dengan gol kemenangan... "
Berlin (ANTARA News) - Borussia Dortmund menggeser Bayern Munich dari puncak klasemen Liga Jerman pada Minggu, saat rekrutan baru, Henrikh Mkhitaryan, mencetak kedua gol saat mereka menang 2-1 atas tuan rumah Eintracht Frankfurt.

Gelandang serang berusia 24 tahun itu membuktikan mengapa Dortmund membayar Shakhtar Donetsk sebesar 27,5 juta euro untuk mendatangkan dirinya dengan dua gol liga pertamanya pada penampilan ketiganya di Liga Jerman.

Itu berarti Dortmund memasuki jeda internasional untuk pertandingan-pertandingan kualifikasi Piala Dunia mendatang dengan keunggulan dua angka atas juara Eropa Bayern.

Pemain internasional Mkhitaryan mencetak gol pertama dengan menuntaskan umpan membelah pertahanan dari pemain sayap Polandia Jakub Blaszcykowski pada menit kesepuluh.

Frankfurt menyamakan kedudukan ketika tandukan Stefan Aigner membentur tiang gawang Dortmund, dan penyerang Ceko Vaclav Kadlec menyambar bola pantul pada menit ke-36 untuk mencatatkan gol perdananya di Liga Jerman, setelah didatangkan dari Sparta Praha pada bulan lalu.

Namun Mkhitaryan merestorasi keunggulan Dortmund dengan gol kemenangan, ketika ia menggiring bola di tepi kotak penalti dan melepaskan tembakan melewati kiper Frankfurt Kevin Trapp.

Hasil ini membuat Dortmund mengakhiri akhir pekan sebagai satu-satunya tim yang masih menjaga rekor 100 persen di liga ketika Bayern, yang bermain imbang 1-1 dengan Freiburg pada Selasa, Mainz dan Bayer Leverkusen semuanya kehilangan angka.

Pada pertandingan sebelumnya, VfB Stuttgart meraih kemenangan 6-2 atas Hoffenheim, di mana penyerang Vedad Ibisevic mencetak trigol setelah pelatih Bruno Labbadia dipecat Senin silam.

Stuttgart mendapatkan nilai pertama mereka di musim ini setelah menelan tiga kekalahan berturut-turut yang memicu pemecatan Labbadia.

Pelatih sementara Thomas Schneider mendapatkan start empatik ketika penyerang Stuttgart asal Rumania Alexandru Maxim memulai kemenangan dengan mencetak dua gol dan memberi umpan pada dua gol lainnya, sedangkan penyerang Bosnia Ibisevic membukukan trigol.

Hasil ini mengangkat Stuttgart dari zona degradasi dan naik ke peringkat ke-14, serta membuat Hoffenheim menduduki peringkat ke-11 setelah mereka menelan kekalahan perdana musim ini.

Pada Sabtu, Leverkusen membuang peluang untuk memuncaki klasemen dengan kalah 2-3 dari Schalke 04.

Baik bek kiri Jerman Dennis Aogo, yang bergabung dengan Schalke sebagai pemain pinjaman dari hamburg, dan gelandang Ghana Kevin-Prince Boateng, yang menandatangani kontrak empat tahun dari AC Milan pada Jumat, tampil sebagai pemain pertama ketika "The Royal Blues" meraih kemenangan perdana mereka musim ini.

Schalke unggul pada menit ke-30 ketika tendangan bebas mengenai bahu kanan gelandang Marco Hoeger, sebelum gelandang Peru Jefferson Farfan memastikan kemenangan timnya melalui eksekusi penalti setelah dijatuhkan di area terlarang.

Mainz 05 juga membuang peluang untuk memuncaki klasemen ketika mereka kalah 1-4 di markas Hanover 96.

Mainz unggul terlebih dahulu pada menit ke-12 melalui penyerang Nicolai Mueller, namun penyerang Senegal Mame Diouf dan penyerang Polandia Artur Sobiech membawa tuan rumah berbalik unggul 2-1, sebelum penyerang Pantai Gading Didier Ya Konan dan gelandang Edgar Prib memperbesar keunggulan timnya.

Di tempat lain, Hamburg meraih kemenangan pertama mereka musim ini setelah menelan dua kekalahan berturut-turut melalui kemenangan 4-0 atas tim promosi Eintracht Braunschweig.

Pemain internasional Belanda Rafael van der Vaart membawa Hamburg memimpin pada menit ketujuh melalui serangan pertama mereka, sebelum penyerang Kamerun Jacquez Zoua menggandakan keunggulan timnya pada menit ke-17.

Hamburg mengonfirmasi tiga angka perdana mereka --dan kekalahan keempat Braunschweig secara berturut-turut-- ketika gelandang turki berusia 19 tahun Hakan Calhanoglu masuk menggantikan Van der Vaart pada menit ke-79 dan mencetak dua gol, termasuk dari tendangan bebas.

Sementara itu, Borussia Moenchengladbach naik ke peringkat ketujuh berkat kemenangan 4-1 atas tamunya Werder Bremen.

Wolfsburg menikmati kemenangan 2-0 atas tamunya Hertha Berlin di mana Ivica Olic dan Diego menjadi pencetak gol, sedangkan Augsburg mendapatkan kemenangan berturut-turut keduanya, menindaklanjuti kemenangan 2-1 atas VfB Stuttgart akhir pekan silam dengan kemenangan 1-0 di markas Nuremberg berkat gol dari pemain pengganti Kevin Vogt.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013