Labuan Bajo (ANTARA) - Uskup Mgr Ruteng Mgr Siprianus Hormat mendampingi calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo menanam pohon di area Istana Keuskupan Ruteng Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (26/1).

Penanaman pohon dilakukan usai silaturahim Ganjar Pranowo dengan Uskup Ruteng dan para tokoh agama Manggarai, Flores, Provinsi NTT.

Capres Ganjar Pranowo yang mengenakan pakaian adat khas Manggarai tampak tersenyum dan bersemangat menggunakan sekop menutup lubang tanam disaksikan Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat dan para tokoh agama.

Ganjar Pranowo selanjutnya menghadiri rangkaian kegiatan selanjutnya yakni kampanye akbar di Stadion Golo Dukal di Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

 
Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat mengatakan fokus pastoral Gereja Keuskupan Ruteng berfokus pada ekologi integral.

"Kami Gereja Keuskupan Ruteng tahun ini fokus pastoralnya pada ekologi integral, artinya ekologi bukan hanya soal tanaman-menaman, bukan, ekologi adalah perwujudnyataan iman. Nah karena sampai orang babat hutan, rakus makan hutan itu orang yang sama membunuh kehidupan," katanya usai kegiatan.

Uskup Ruteng menambahkan terdapat idiom ekologi integral harus betul dinyatakan dengan baik dalam berbagai macam pernyataan-pernyataan kehidupan masyarakat.

"Implementasinya menarik, sakramen-sakramen dalam gereja nanti akan difokuskan pada penanaman pohon, orang yang baptis kasih pohon dan kau kawal sampai hidup, orang yang komuni pertama dikasih pohon, begitu juga dengan krisma sampai dengan yang mau nikah dan kita kawal," katanya.
Baca juga: Uskup Ruteng sebut kehadiran Ganjar terukir indah dalam sejarah
Baca juga: Uskup Ruteng tekankan etika dalam kepemimpinan politik
Baca juga: Uskup Ruteng paparkan potensi pariwisata Manggarai kepada Ganjar

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024