...termasuk Samsung Galaxy S4 dan LG G2 membantu meningkatkan ekspor dari perangkat seluler
Seoul (ANTARA News) - Ekspor Korea Selatan naik 7,7 persen pada Agustus dibanding tahun lalu, didorong oleh menguatnya pengiriman mobil dan produk-produk teknologi.

Ekspor dari ekonomi terbesar ke empat di Asia itu meningkat menjadi 46,37 miliar dolar, sementara ekspor Juli tumbuh 2,6 persen, kata Departemen Perdagangan Seoul, Minggu, seperti yang dilaporkan AFP.

Sementara impor naik 0,8 persen mencapai 41,45 miliar dolar, menghasilkan surplus perdagangan sebesar 4,9 miliar dolar pada Agustus dibandingkan dengan 2,5 miliar dolar pada Juli dan 1,9 miliar dolar tahun sebelumnya.

Pengiriman ke luar negeri dari barang-barang ekspor utama negara itu, seperti mobil dan perangkat seluler masing-masing naik 43,9 persen dan 25,9 persen tahun-ke-tahun.

Ekspor kapal dan peralatan rumah melonjak masing-masing 26 persen.

"Smartphone baru dari perusahaan Korea Selatan, termasuk Samsung Galaxy S4 dan LG G2 membantu meningkatkan ekspor dari perangkat seluler," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Penjualan yang kuat dari perangkat seluler juga dibantu didorong oleh pengiriman luar negeri chip memori, yang mencatat pertumbuhan 22,1 persen.

Seoul pada Juni menaikkan proyeksi pertumbuhan untuk tahun ini dari 2,3 persen menjadi 2,7 persen, mengutip dampak dari langkah-langkah stimulus yang diambil awal tahun ini dan tanda-tanda pemulihan dalam permintaan global.

Perekonomian negara itu tumbuh 2 persen pada 2012 --pertumbuhan paling lambat dalam tiga tahun.


Penerjemah: Sutji Suryatie

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013