Jakarta (ANTARA News) -  Terbang bersama anak-anak bukanlah untuk mereka yang lemah jantung. Bahkan dengan perencanaan yang sangat matang sekalipun, penerbangan jarak jauh bisa membuat orangtua kehilangan batas kesabaran.

Namun kini tidak lagi demikian. Maskapai penerbangan berbasis di Abu Dhabi, Etihad Airways, telah memperkenalkan "flying nanny" atau pengasuh anak dalam pesawat yang akan menghibur anak-anak dan membantu orangtua yang kelelahan.

Para pengasuh anak yang bisa dikenali dengan celemek oranye ini akan menghibur anak-anak dengan trik sulap, origami, melukis wajah serta memberikan saran dan dukungan kepada orangtua.

Walaupun mereka tidak bisa mengurus anak-anak secara menyeeluruh di sepanjang penerbangan, bantuan mereka tentu bisa membuat perjalanan lebih tenang.

Sejauh ini, ada 300 "flying nannies" yang telah dilatih dengan pengetahuan sosiologi dan psikologi anak, termasuk juga pengetahuan untuk mengurus anak-anak yang paling sulit ditangani.

Di akhir 2013, Etihad Airways menargetkan untuk bisa melatih 500 pengasuh anak dalam pesawat yang siap bertugas di sejumlah penerbangan jarak jauh, demikian dilansir laman Yahoo! Total Travel.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013