Banda Aceh (ANTARA) - Calon Presiden nomor urut satu Anies Baswedan menyerukan semangat perubahan saat berorasi dalam kampanye akbar di hadapan masyarakat Aceh, untuk mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur untuk semua.

Anies menyambut baik antusias masyarakat Tanah Rencong itu yang hadir pada kampanye akbar berlangsung di pelantaran Stadion H Dimurthala Banda Aceh. Bahkan dirinya enggan beranjak lebih dulu, sebelum acara selesai.

“Bagi kami, ini menandakan semangat masyarakat Aceh menyambut pesan-pesan perubahan,” kata Anies kepada awak media usai kampanye akbar di Banda Aceh, Sabtu.

Anies menilai saat ini rakyat Indonesia merasakan beban biaya hidup yang meningkat, hingga lapangan pekerjaan yang sulit.

Khusus di Aceh, kata dia, daerah dengan kekayaan alam yang luar biasa. Begitu juga suntikan dana otonomi khusus (otsus) yang besar, tetapi justru Aceh masih termasuk dalam salah satu provinsi dengan angka kemiskinan paling tinggi di Sumatera.

“Kami berencana mengkoreksi itu semua. Kebutuhan pokok yang terjangkau, lalu investasi meningkat yang berorientasi pada padat karya bukan investasi pada padat modal saja,” ujarnya.

Sehingga, kata Anies, upaya tersebut akan menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan. Begitu juga dengan dukungan peraturan yang memudahkan agar usaha mikro dan kecil (UMKM) bisa mendapatkan modal yang lebih banyak.

“Dengan begitu kita akan bisa menyaksikan pertumbuhan perekonomian yang lebih merata,” ujarnya.

Baca juga: Anies Baswedan dukung pengembangan wisata Sungai Musi 
Baca juga: Anies Baswedan imbau pendukung menangi Pilpres lewat 40 rumah 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024.

Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024