Jakarta (ANTARA) - Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) menggelar Job Fair 2024 sebagai bentuk dukungan dan kepedulian pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka terhadap generasi muda.

Job fair tersebut digelar hari ini di lokasi yang sama dengan acara Suara Muda Indonesia untuk Prabowo Gibran, Menjemput Kemenangan Indonesia Maju di Jakarta Convention Center (JCC).

"Selaras dengan semangat Repnas, pejuang ekonomi, pengusaha berkelanjutan. Jadi, pengusaha bisa berkelanjutan dengan membuka banyak peluang kerja untuk para pejuang ekonomi baru, yaitu adik-adik kita Gen Z yang mencari kerja. Sesuai dengan Misi Prabowo Gibran,” ujar Ketua Umum Repnas Anggawira di JCC, Jakarta Pusat, Sabtu.

Anggawira mengatakan bahwa gelaran acara ini menjadi realisasi sebuah tanggung jawab bersama anak bangsa untuk mencari solusi persoalan pengangguran di Tanah Air.

"Industri di Tanah Air itu sekarang lebih banyak didominasi padat modal dibandingkan padat karya. Jadi, banyak sekali pengangguran. Tanggung jawab kita bersama ini," ujarnya.

Gelaran acara ini akan dihadiri sedikitnya sekitar 8.000 orang. Sebagian besar di antara mereka adalah pejuang ekonomi yang merupakan lulusan SMA/SMK dan sarjana yang akan bersaing secara sehat meraih pekerjaan impian mereka.

"Sudah siap lebih dari 2.000 lowongan kerja terdaftar pada Job Fair 2024 hari ini. Dengan target, lebih dari 2.000 peserta akan join melakukan on site interview," ujar Anggawira.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa Relawan Pengusaha Muda Nasional untuk Indonesia Maju adalah generasi baru penggerak ekonomi. Mereka berkomitmen mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi nasional demi kemajuan Indonesia.

"Kami adalah pendukung teguh Prabowo dan Gibran pada Pemilu 2024, meyakini bahwa visi dan misi pasangan ini mencerminkan aspirasi kami untuk Indonesia yang lebih maju, adil, dan sejahtera," terangnya.

Ia mengatakan Repnas adalah kolaborator aktif yang bekerja sama erat dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah dan masyarakat, guna menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan usaha muda dan inovasi lokal demi percepatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan sosial Indonesia.

Menurut dia, akan ada 22 perusahaan yang hadir pada acara tersebut. Pengunjung bisa mendatangi booth yang sudah disediakan untuk mencari pekerjaan sejak pukul 10.00 WIB.

Pameran ini, kata dia, mencerminkan komitmen Prabowo-Gibran terhadap masa depan anak muda Indonesia dan membuka jutaan lapangan pekerjaan.

"Jadi, kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi dari beberapa sukarelawan. Selain acara utama pidato dari Pak Prabowo dan Mas Gibran, akan ada juga talkshow, dialog, dan festival musik. Nah, Repnas yang fokus pada ekonomi dan lapangan kerja, kami menghadirkan job fair gratis," kata Anggawira.

Anggawira yang juga Sekjen Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mengatakan bahwa pengusaha berharap Prabowo-Gibran mengungkap strateginya dalam menciptakan 19 juta lapangan kerja pada pidato puncaknya.

"Poin pentingnya supaya Indonesia menjadi negara maju adalah kolaborasi menjembatani antargenerasi. Kami ingin mendengar Pak Prabowo dan Mas Gibran menegaskan bahwa anak muda punya peran penting untuk menentukan arah bangsa dan bagaimana cara akselerasinya," tuturnya.

Selain job fair, acara ini juga diisi dengan kegiatan positif dan menggembirakan seperti konser musik sejumlah artis salah satunya Dewa 19.

Baca juga: Kaesang harap job fair PSI bantu generasi muda Yogyakarta dapat kerja
Baca juga: Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan sediakan 248 lowongan kerja


Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024