UMB-Pindad kerjasama tingkatkan minat jurusan teknik

Kerjasama ini bagian dari strategi peningkatan minat terhadap jurusan teknik yang kini terus menurun,"
Jakarta (ANTARA News) - Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta melakukan kerjasama dengan PT Pindad untuk meningkat minat mahasiswa terhadap jurusan teknik.

"Kerjasama ini bagian dari strategi peningkatan minat terhadap jurusan teknik yang kini terus menurun," kata Rektor Universitas Mercu Buana, Arissetyanto Nugroho usai acara pembukaan tahun akademik mahasiswa baru TA 2013/2014 di Jakarta, Senin.

Dikatakan Rektor, animo pelajar memilih fakultas teknik saat ini sangat minim karena pragmatis terhadap pekerjaan yang akan digeluti nantinya.

Berbeda halnya dengan jurusan lain seperti ekonomi maupun komunikasi. Peluang kerja sangat besar, berbanding terbalik dengan teknik.

Padahal, lulusan fakultas teknik memiliki peranan penting untuk pertahanan bangsa. Hal ini yang perlu disampaikan kepada pelajar.

"Kalau kita berpikir panjang, fakultas teknik memiliki peluang besar terutama pertahanan bangsa dan ini perlu dipromosikan," katanya.

Setelah dilakukan kerjasama ini, lanjut Rektor, UMB akan melakukan promosi dengan bentuk praktek lapangan kepada mahasiswa serta mengangkat topik mengenai pertahanan disetiap skripsi mahasiswa.

"Hal - hal tentang pertahanan akan lebih dikedepankan kepada skripsi mahasiswa guna meningkatkan dan promosi mengenai jurusan teknik," ujarnya.

Untuk di UMB, Rektor menuturkan, jumlah mahasiswa fakultas teknik masih kecil yakni satu berbanding tiga. "Ini yang akan ditingkatkan," ujarnya.

Direktur Kemahasiswaan Universitas Mercu Buana, Endi Rekati mengatakan, pada tahun ini terdapat 6200 mahasiwa baru dari 16 program studi S1, dua program studi D3 dan lima program studi S2.

Untuk mahasiswa baru dalam pengenalan dunia kampus, akan diberikan pelatihan baris berbaris yang dipimpin para anggota TNI.

"Karena tema yang diangkat dalam pengenalan dunia kampus yaitu peningkatan prestasi menuju kemandirian bangsa," tukasnya.

Penandatangan UMB dan PT Pindad dilakukan oleh Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT Pindad (Persero), Wahyu Utomo dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana (UMB), Dana Santoso. Penandatanganan tersebut turut disaksikan oleh Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro.

Adapun hal yang menjadi komitmen kerjasama yakni terkait pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, khusus terkait bidang industri pertahanan.

Kerja sama PT Pindad (Persero) dan UMB akan meliputi penyediaan fasilitas magang untuk mahasiswa UMB di PT Pindad (Persero), berbagai penelitian tentang industri pertahanan untuk beberapa jurusan teknik di UMB, hingga keikutsertaan PT Pindad (Persero) dalam program UMB Career.

PT Pindad (Persero) juga berpartisipasi dengan membuka booth yang menampilkan mock up beberapa produk kendaraan serta beberapa brosur yang menampilkan produk senjata dan munisi, serta produk non komersial.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013

RI-UAE teken kerja sama industri pertahanan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar