Jakarta (ANTARA) - Tenaga Ahli bidang Ekonomi Kreatif Kedeputian Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) I Gede Benny Subawa menyebut bahwa creative hub atau ruang pusat kreatif, akan dibangun di IKN untuk mewadahi kreativitas pelaku industri kreatif.

"Jadi kalau soal infrastruktur ini spesifik aja kita di IKN itu akan punya creative hub. Mungkin agak sama dengan banyak kota tapi kita punya creative hub itu fokusnya untuk jadi wadah bagi anak anak muda yang nanti akan datang ke IKN sama anak anak muda yang eksisting di wilayah IKN," kata Benny di Jakarta, Sabtu.

Benny menjelaskan bahwa creative hub tersebut merupakan pusat kreativitas dengan fokus pada anak-anak muda yang ingin berkontribusi dalam industri kreatif di IKN.

Baca juga: Menparekraf siap dorong Kota Lama Semarang jadi "creative hub"

Creative hub ini akan dilengkapi dengan laboratorium-laboratorium yang menyediakan fasilitas untuk kegiatan seperti pengeditan video atau riset.

Tujuannya adalah memberikan dukungan kepada individu yang memiliki minat dalam industri yang sama untuk berkolaborasi dan menghasilkan karya berkualitas.

"Jadi misalnya adik-adik yang sudah bikin footage dari handphone, tapi untuk editing enggak punya device, spek-nya kurang, atau mungkin ketika mau riset atau eksplor boros kuota banget. Nah kita punya fasilitas itu di creative hub," kata dia.

Benny menambahkan bahwa dengan adanya creative hub tersebut, para pelaku industri kreatif yang memiliki kemampuan atau bakat, dapat mengoptimalkan karya dengan dukungan dari mentor-mentor yang telah berpengalaman.

"Nanti teman teman yang punya ketertarikan yang sama di industri yang sama bisa bantu kita mengedukasi. Misalnya barang kamu itu sudah bagus, cuma kurang 'garam' sedikit. Nah itu kita akan fokus ke sana," kata Benny.

Sementara itu, Sutradara film Anggy Umbara mengatakan bahwa creative hub harus tetap mencerminkan jiwa atau semangat Indonesia, tetapi tetap mengadopsi teknologi terkini.

Anggy juga menekankan bahwa pembangunan creative hub harus juga didukung oleh infrastruktur yang mumpuni agar kreativitas para pelaku industri kreatif bisa terealisasi

"Jadi selain creative hub juga fasilitasnya harus dibangun. Fasilitas yang bisa menjembatani itu dan menjadikan hal itu menjadi nyata. Enggak cuma di kertas doang tapi kejadian apa yang direncanakan," pungkas dia.

Baca juga: Menparekraf dan Presiden resmikan "Papua Youth Creative Hub" Jayapura

Baca juga: Sri Mulyani resmikan Creative Hub anak-anak muda di Bandung

Baca juga: Sandiaga gagas Creative Hub di Kabupaten Sragen untuk pelaku UMKM

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024