Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyebutkan, promosi perhelatan (event) yang tergabung Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 menjadi magnet kunjungan wisatawan dalam negeri dan wisatawan mancanegara (wisman).

"Saya mengapresiasi penyelenggaraan 110 perhelatan dalam KEN yang secara konsisten mempromosikan keindahan destinasi wisata dan keunikan budaya bangsa kita, semoga event dapat menjadi magnet bagi wisatawan dalam negeri dan wisatawan mancanegara," ujar Jokowi dalam sambutannya secara virtual dalam peluncuran KEN 2024 di Jakarta, Sabtu.

Dirinya juga berharap, melalui program strategis Kemenparekraf ini, kunjungan wisatawan tak hanya melirik keindahan alam namun juga dapat menikmati kekayaan atraksi dan budaya Tanah Air.

Ia menambahkan, dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah, sektor swasta dan masyarakat, maka pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia akan bangkit dan semakin maju.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, kegiatan-kegiatan yang terkurasi dalam tiga bulan ini diharapkan mampu menopang pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebesar 1,25-1,5 miliar pergerakan.

"Kita meningkatkan capaian terciptanya lapangan kerja mencapai 4,4 juta lapangan kerja dan peningkatan pergerakan ekonomi kita harapkan bisa mencapai 20-25 persen dan harapannya ikut menopang 1,25-1,5 miliar pergerakan wisnus," tambahnya.

Menparekraf menargetkan kunjungan wisata sepanjang penyelenggaraan KEN 2024 mampu mencapai 10 juta kunjungan.

Sementara soal strategi agar kunjungan wisata dapat merata ke semua perhelatan, dirinya bakal mempromosikan ke berbagai daerah salah satunya melalui media digital.

Dari sisi kualitas, ungkapnya, Kemenparekraf telah menyiapkan tim kurator yang ahli pada bidangnya, sehingga perhelatan yang digelar mampu menghadirkan kualitas yang bagus secara menyeluruh.
Baca juga: Presiden Jokowi resmikan taman wisata dan kuliner di Kupang
Baca juga: Presiden : Wisata dan ekraf Toba layak digaungkan ke seluruh dunia
Baca juga: Presiden berencana kelompokkan destinasi wisata premium dan medium
Baca juga: Jokowi minta Citarik kembangkan wisata alam dan jagung

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024