Seperti biasa Rio Haryanto hanya melakukan latihan-latihan fisik...
Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional Rio Haryanto tidak melakukan persiapan khusus menjelang tampil pada seri kesembilan lomba balap mobil GP2 Series di Sirkuit Monza, Italia, 6-8 September 2013.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, ketika dihubungi dari Semarang, Senin, mengatakan persiapan Rio Haryanto tidak ada yang khusus dan hanya persiapan biasa seperti halnya saat menghadapi seri-seri sebelumnya.

"Seperti biasa Rio Haryanto hanya melakukan latihan-latihan fisik untuk memperkuat otot-otot tangan, kaki, dan leher dengan menjalani fitnes, renang, dan lain sebagainya," katanya. Sedang yang bersifat teknis, Rio Haryanto menjalani latihan simulasi bersama timnya Addax Barwa di markas tim tersebut Valencia, Spanyol.

"Latihan simulator ini disesuaikan dengan lintasan yang akan digunakan untuk lomba di Monza mendatang," katanya.

Sirkuit Monza Italia bukan hal yang baru untuk pebalap berasal dari Solo, Jawa Tengah, tersebut, pasalnya pada musim balap 2012 yang bersangkutan juga tampil di sirkuit itu. Pada waktu itu Rio Haryanto masih tergabung dengan tim berasal dari Inggris Carlin bersama Max Chilton (saat ini sudah masuk ke F1).

Saat bersama tim Carlin, Rio Haryanto menempati posisi ke-12 pada race kedua atau "sprint race" dengan catatan waktu 33 menit 22,442 detik (21 putaran), sedangkan pada race pertama atau "feature race" Rio menempati posisi ke-19 dengan catatan waktu 48 menit 46,242 detik (30 putaran).

"Saat ini Rio Haryanto masih berada di Barcelona, Spanyol, dan rencananya berangkat ke Monza, Italia, pada Selasa (3/9)," kata Indah Pennywati.

Hingga berakhir seri kedelapan di Belgia beberapa waktu lalu, Rio masih tetap pada urutan ke-19 klasemen sementara dengan nilai 20, sedangkan rekan satu tim di Addax Barwa, pebalap berasal dari Amerika Serikat Jake Rosenzweig, di urutan 25 dan belum mendapatkan nilai.

Peringkat pertama ditempati S. Coletti dari tim Rapax dengan total nilai 135, sedangkan kedua F. Nasr dari tim Carlin dengan total nilai 129, ketiga Fabio Leimer juga dari Carlin dengan total nilai 128.

Secara tim, peringkat pertama klasemen sementara masih dipegang oleh tim Carlin dengan nilai 198, disusul Russian Time dengan total nilai 194, sedangkan ketiga ditempati tim Racing Engineering dengan total nilai 170.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013