Medan (ANTARA) - Calon Presiden Ganjar Pranowo menyerap keluhan masyarakat Sumatera Utara saat melakukan kampanye akbar pada hari ke-62 Kampanye Pilpres 2024 di provinsi tersebut.

Ganjar mengawali kampanye di Kampung Nelayan Kurnia di Kota Medan, Sumatera Utara. Di lokasi tersebut Ganjar bertemu dengan nelayan dan masyarakat setempat untuk menampung aspirasi dan mempersiapkan solusinya

"Saya tadi mendarat langsung datang ke Kampung nelayan bertemu para nelayan dan mereka bercerita kondisinya. Ada yang disampaikan kepada saya, satu terkait bagaimana kita meningkatkan pendapatan dan nasib yang lebih baik karena yang lain agak mundur," ujar Ganjar pada acara tersebut, di Lapangan Astaka Kota Medan, Minggu.

Dalam dialog tersebut, kata dia, ada sejumlah nelayan yang menginginkan komoditas di Sumut seperti ikan teri medan dapat diekspor ke berbagai negara.

"Bahwa mereka butuh bantuan bahwa ada produk yang luar biasa, yaitu teri medan. Itu makanan paling enak, kesukaan saya. Mereka berharap ini akan bisa dikembangkan tidak hanya skala nasional, tapi sampai ekspor, sesuatu yang menjadi harapan, artinya pendampingan terhadap mereka penting," kata Ganjar.

Menurutnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan produk tersebut agar bisa menembus pasar dunia.

"Yang pertama adalah peralatan yang memadai, kedua akses permodalan dan ketiga jaminan pasar untuk mereka, dan itu kita usahakan," sebutnya.

Selain itu, dalam kampanye di Medan, Ganjar Pranowo juga melakukan dialog bersama para petani sawit, sama hal seperti pertemuan dengan para nelayan, para petani sawit juga meminta untuk diperhatikan.

"Ya, saya juga mendengarkan apa yang disampaikan oleh para petani sawit. Mereka berharap setidaknya ada tiga hal. Pertama mereka minta bantuan agar proses penanganan persoalan lahannya bisa diselesaikan. Yang kedua bagaimana memproteksi dari sisi harga khususnya dengan buahnya tandan  yang sampai hari ini terkena goncangan. Yang ketiga tentu terkait dengan governance atau pengelolaannya tanpa kelola sawit agar kita bisa menjadi juara dunia," ujar Ganjar.

Oleh karena itu, Ganjar meminta masyarakat untuk berjuang bersama dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024 sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk Indonesia.

"Ganjar dan Mahfud meminta doa restu dukungan dari seluruh masyarakat yang ada di Sumatera Utara, bersama-sama kita menjalankan pemerintahan yang baik," ujar Ganjar.

Sumatera Utara terpilih menjadi salah satu tempat digelar kampanye akbar Ganjar Pranowo pada hari ke 62 Kampanye Pilpres 2024

Dalam Kampanye di Medan Sumatera Utara, Ganjar Pranowo melakukan berbagai kunjungan, antara lain kampanye di Kampung Nelayan Kurnia, menghadiri Hajatan Rakyat di Lapangan Astaka.

Kemudian pukul 10.20 WIB, Ganjar mendatangi rumah buruh Belawan yang berlokasi di Kampung Cicanang, Kota Medan dan yang lainnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024