BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga tanggal 30 Januari 2024
Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengajak warga mewaspadai gelombang tinggi di perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga 30 Januari 2024," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG, Stasiun Maritim Bitung, Ricky D Aror di Manado, Minggu.

Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang tinggi di laut selatan Jabar-DIY

BMKG memperkirakan tinggi tinggi gelombang di perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe, perairan Kabupaten Kepulauan Talaud dan Laut Maluku bagian utara mencapai 2,5 – 4,0 meter (tinggi).

Selanjutnya, tinggi gelombang antara 1,25 - 2,5 meter (sedang) berpotensi terjadi di Laut Sulawesi, perairan Kabupaten Kepulauan Sitaro, perairan Bitung – Likupang, perairan selatan Sulawesi Utara, dan Laut Maluku bagian selatan.

"Pola angin dominan bergerak dari barat laut – timur laut dengan kecepatan berkisar antara delapan knot hingga 30 knot," katanya.

Baca juga: BMKG peringatkan tinggi gelombang Selat Makassar capai 2,5 meter

Dia berharap warga memperhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran, misalkan perahu nelayan memperhatikan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kapal tongkang, memperhatikan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Kapal feri, kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter, serta kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar memperhatikan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.

Baca juga: BMKG: Waspada gelombang tinggi 2,5 meter di Banten dan Selat Sunda

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024