Semarang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Jawa Tengah, telah menjadwalkan pendistribusian logistik pemilu 2024 pada awal Februari mendatang ke seluruh kecamatan di wilayah tersebut secara bertahap.

"Rencana mulai awal Februari kami distribusi logistik pemilu ke seluruh kecamatan. Modelnya bertahap ya," kata Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom di Semarang, Minggu.

Hal tersebut disampaikan sosok yang akrab disapa Nanda itu, saat meninjau simulasi pemungutan suara yang digelar KPU Kota Semarang di aula Kelurahan Pandean Lamper, Kecamatan Gayamsari, Semarang.

"Dalam satu hari mungkin ada 1-2 kecamatan yang kami kirimin (logistik pemilu)," katanya.

Sampai hari ini, kata dia, proses atau tahapan yang sedang berjalan adalah pengepakan surat suara ke dalam kotak suara.

"Hari ini juga masih proses pengepakan surat suara ke dalam kotak suara. Ini sedang berlangsung di Kecamatan Ngaliyan. Selanjutnya kecamatan-kecamatan lain melakukan pengepakan," katanya.

Nanda juga memastikan sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Semarang, termasuk jajaran pemerintah di kelurahan dan kecamatan untuk mengantisipasi proses alam yang tidak terprediksi, seperti banjir, angin kencang atau tanah longsor.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu yang hadir meninjau simulasi pemungutan suara itu berharap seluruh tahapan pemilu 2024 berjalan dengan lancar.

"Karena di awal Februari sudah mulai distribusi, sehingga diharapkan tempat-tempat gudangnya aman, baik gangguan keamanan maupun faktor alam," kata Ita, sapaan akrab Hevearita.

Ita berharap seluruh logistik pemilu 2024, termasuk kertas suara bisa tersimpan dengan baik hingga pelaksanaan pemungutan suara pada 14 Februari mendatang.
 

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024