Kalau mau ikut kampanye, cuti lah
Kulon Progo (ANTARA) - Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyatakan Jawa Tengah menjadi daerah “seksi” bagi partai politik yang berebut suara dalam Pemilu 2024 mengingat kawasan tersebut dikenal sebagai "kandang banteng" julukan untuk PDI Perjuangan.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam doorstop acara Hajatan Rakyat Yogyakarta di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu.

“Jateng itu 'seksi' untuk diambil suaranya karena ini 'kadang banteng' dan cukup kokoh. Maka, pasti orang ingin ngambil banteng-bantengnya,” kata dia ketika ditanya terkait respon terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran yang sedang melakukan kampanye akbar di Semarang, Jawa Tengah.

Di tingkat legislatif, pihaknya sudah menggerakkan basis-basis PDIP untuk meraup lebih banyak suara di Jateng.

Baca juga: Ganjar Pranowo: Jateng masih “kandang banteng”
Baca juga: TPN sebut peluang Ganjar-Mahfud menang pilpres makin besar


Adapun di tingkat eksekutif, menurut Ganjar. pihaknya cenderung hati-hati dan menahan diri agar tidak melanggar aturan selama kegiatan kampanye Pemilu 2024. Sehingga, pihaknya meminta setiap kader PDIP yang berada di eksekutif agar menggunakan aturan jika hendak mengikuti kampanye.

“Kita betul-betul menahan diri, mereka semua terdesak karena satu sisi kemarin disuruh netral, tapi yang lain boleh. Kami (juga) minta kader di eksekutif, gunakan aturan. Kalau mau ikut kampanye, cuti lah, karena cara itu yang paling benar dan tidak melanggar,” ungkap Ganjar

Selain itu, suasana perebutan suara semakin “panas” karena ada pihak pasangan capres-cawapres tertentu yang berpotensi melanggar nilai-nilai demokrasi.

“Partai juga bergerak lebih masif, melawan juga semakin semangat karena situasi kondisi terakhir, kalau bahasanya mbak Yenny (Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid), 'selamatkan demokrasi'. Nah, mereka (jadi) bangkit,” ucap dia.

Baca juga: Prabowo-Gibran hadiri kampanye akbar di Simpang Lima Semarang
Baca juga: Istana sebut kunker Jokowi ke Jateng tidak berhubungan dengan pemilu
Baca juga: Eks relawan Prabowo Solo Raya nyatakan migrasi dukungan ke Anies 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024