Alhamdulillah di Jombang ini termasuk lebih cepat, sudah 60 persen
Jombang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengungkapkan bahwa proses setting dan packing logistik Pemilu 2024 saat ini sudah mencapai 60 persen.

"Kami sudah melakukan setting dan packing lebih awal, mulai tanggal 19 Januari 2024 lalu. Alhamdulillah di Jombang ini termasuk lebih cepat, sudah 60 persen," kata Ketua KPU Kabupaten Jombang Abdul Wadud Burhan di Jombang, Senin.

Ia mengatakan proses setting dan packing itu melibatkan PPK dan PPS di seluruh wilayah Kabupaten Jombang. Sesuai dengan rencana, proses setting dan packing ditargetkan bisa selesai paling lambat tanggal 30 Januari 2024.

Pihaknya juga sudah melakukan pemetaan untuk proses pendistribusian logistik Pemilu 2024. Proses pemetaan itu juga melibatkan dari Pemkab Jombang, Polri hingga TNI.

Pemetaan dilakukan untuk proses distribusi, pengamanan, kesiapan gudang penyimpanan di PPK, dan beberapa hal lainnya. Hal tersebut penting, memastikan agar proses pengiriman logistik pemilu bisa berlangsung dengan aman.

Baca juga: KPU Penajam antisipasi gangguan cuaca saat distribusi logistik pemilu

Baca juga: Pemkab Wondama sewa helikopter distribusi logistik pemilu ke daerah 3T


Burhan juga mengaku sudah meminta kepada PPK untuk memilih lokasi gudang yang aman, apalagi saat ini curah hujan tinggi. Gudang yang akan digunakan harus aman dari bocor, sehingga tidak merusak logistik KPU yang akan digunakan saat pemberian hak suara.

"Jadi, jauh-jauh hari kami sudah meminta ke PPK. Gudang nantinya dipastikan aman dari gangguan orang dan alam. Jadi, itu kriteria yang kami tekankan saat memonitor lokasi. Bahkan, jika gudang belum ada kami juga koordinasikan dengan Pj Bupati," tutur dia.

Ia menambahkan, sesuai dengan rencana proses distribusi logistik akan dilakukan pada 8 Februari sampai 12 Februari 2024 ke seluruh kecamatan di wilayah Jombang.

"Itu juga arahan dari KPU Provinsi Jatim. Jadi, logistik tidak boleh lama di PPK. Makanya, rencana distribusi logistik-nya adalah 8 Februari - 12 Februari 2024," ucap dia.

Di Kabupaten Jombang, Pemilu 2024 diikuti oleh 1.011.402 orang yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). Aspirasi politik mereka akan disalurkan lewat 3.858 TPS di seluruh kecamatan wilayah Jombang.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024