Para tokoh ini akan ikut serta dalam membahas solusi atas serangkaian persoalan kontemporer dari perspektif keagamaan
Jakarta (ANTARA) - Penyelenggaraan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-23 di UIN Walisongo Semarang pada 1-4 Februari 2024 tak hanya jadi ajang pertemuan akademisi, tapi diperkuat dengan pertemuan para tokoh agama di Asia Tenggara.

"Para tokoh ini akan ikut serta dalam membahas solusi atas serangkaian persoalan kontemporer dari perspektif keagamaan. Ini sejalan dengan COP28 di Dubai pada akhir 2023 yang juga mulai melibatkan tokoh agama dalam pembahasan krisis iklim," ujar Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Ahmad Zainul Hamdi di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan AICIS tahun ini mengusung tema "Redefining The Roles of Religion in Addressing Human Crisis: Encountering Peace, Justice, and Human Rights Issues", sebagai respons terhadap krisis kemanusiaan global yang erjadi di beberapa belahan dunia, seperti di Timur Tengah dan Ukraina.

"AICIS bertujuan mendefinisikan kembali peran agama, terutama Islam, dalam menghadapi tantangan kemanusiaan kontemporer di kancah global," katanya. 

Baca juga: AICIS 2024 akan bahas 328 paper dalam dan luar negeri

Tokoh-tokoh agama yang akan hadir dalam perhelatan tersebut yakni Yahya Cholil Staquf (Indonesia), Pimpinan PP Muhammadiyah (Indonesia), Philip Kuntjoro Widjaja (Indonesia), Wisnu Bawa Tenaya (Indonesia), Vanh Keobundit (Laos).

Kemudian Yon Seng Yeath (Kamboja), Bounthavy Phonethasin (Laos), YB Datuk Dr Hasan bin Bahrom (Malaysia), Phra Dr Anilman Dhammasakiyo (Thailand), Pendeta Gomar Gultom (Indonesia), Romo Hery Wibowo (Indonesia), Ws Andi Gunawan (Indonesia), A Elga J Sarapung (Indonesia), dan Bishop Pablo Virgilio Siongco David (Philippines).

"Pertemuan mereka akan menjadi ajang berbagi perspektif dan wawasan berbasis pengalaman mereka dalam merespons isu-isu kemanusiaan dan kedamaian. Hasil pembahasan para pemuka agama dibahas dalam sesi on stage discussion yang menghasilkan Semarang Charter," katanya.

Sementara untuk pertemuan akademisi dan peneliti, kata dia, ada 25 sesi panel yang disiapkan untuk mendiskusikan isu-isu yang menjadi subtema. 

Baca juga: Kemenag buka pendaftaran makalah untuk event AICIS 2024, bahas peran agama dalam krisis kemanusiaan global

Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo mengatakan tujuh isu atau subtema yang akan dibahas yaitu pertama, Agama, Nasionalisme, dan Kewarganegaraan di Asia Tenggara. Kedua, Dampak Isu dan Ketegangan Keagamaan Internasional terhadap Nasionalisme, Kewarganegaraan, dan Hak Asasi Manusia.

Ketiga, Krisis Kesetaraan, Keadilan, dan Kemanusiaan. Keempat, Ketegangan Agama dan Kemanusiaan Global. Kelima, Isu Gender, Spiritualitas, dan Minoritas.  Keenam, Fiqih Siyasah tentang Perang dan Damai: Pasca Kolonial. Ketujuh, Kebijakan berbasis Maslahah Mursalah, Kesetaraan, dan Pemberdayaan.

"Isu besarnya adalah peran agama dalam menguatkan nasionalisme, merespons krisis keadilan dan kesetaraan, masalah gender, serta kemaslahatan umat, termasuk yang berkenaan dengan krisis iklim," kata Wibowo.

Baca juga: Kemenag undang peneliti-akademisi ikut Call for Papers AICIS 2024

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024