Kami enggak pengen subsidi pupuknya tidak tepat sasaran
Tegal (ANTARA) - Saat bertemu komunitas petani di Tegal, Jawa Tengah, Senin, calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan wacana menghapus Kartu Tani jika pasangan Prabowo-Gibran terpilih memenangi Pilpres 2024.

Dalam acara dialog "Gibran Mendengar" di Slawi, Tegal, Gibran menyampaikan wacana itu muncul karena pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tidak ingin menyulitkan para petani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi dari pemerintah.

"Kami ada rencana menghapus Kartu Tani. Kami enggak pengen menyusahkan para petani. Kami enggak pengen subsidi pupuknya tidak tepat sasaran," kata Gibran ke para petani di Tegal, Senin.

Gibran menjelaskan berbagai keluhan soal Kartu Tani didengar oleh pasangan Prabowo-Gibran saat mereka berkampanye ke beberapa daerah di Pulau Jawa.

Baca juga: Hari ke-63 kampanye, Prabowo di Magelang dan Gibran ke pantura

Oleh karena itu, dia berjanji masalah distribusi pupuk dan Kartu Tani akan diselesaikan secara sistemis dan menyeluruh jika mereka terpilih nanti.

"Terkait petani, hampir seluruh kota ini komplain masalah pupuk. Ini nanti kami tindaklanjuti lagi, nggih? Yang jelas, nanti kami perbaiki sistemnya, terutama Kartu Tani tadi, biar lebih tepat sasaran,' kata putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

Program Kartu Tani, yang digagas Kementerian Pertanian, diluncurkan sejak tahun 2016 untuk para petani di wilayah Jawa.

Tidak hanya mendengar keluhan dari kelompok petani, Gibran juga menerima masukan dari para nelayan di Tegal.

"Lalu untuk masalah nelayan, masalah penangkapan ikan terukur, itu kan sudah ditunda; masalah pajak, masalah perizinan, dan lain-lain ini, nanti dikaji ulang biar tidak menyulitkan," kata Gibran ke komunitas nelayan pada acara dialog serupa.

Baca juga: Kaesang Pangarep: PSI siap hadapi Pemilu 2024

Kota Tegal menjadi sasaran kampanye Gibran selama di wilayah pantai utara (pantura) Jawa pada hari ke-63 kampanye Pilpres 2024, Senin.

Sebelum menyambangi Tegal, Gibran berkampanye di Pekalongan dan bertemu para pengrajin batik. Di hadapan pengrajin batik, Gibran berjanji bakal kembali menemui mereka dan membantu memasarkan produk kerajinan batik di e-commerce.

Usai dari Tegal, Gibran melanjutkan perjalanan ke Brebes untuk bertemu petani bawang dan relawan Prabowo-Gibran se-Brebes.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Gibran janji bantu usaha pengrajin batik di Pekalongan

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024