Saya ingin mengajak kepada seluruh pelajar Indonesia di luar negeri untuk jaga stamina intelektual, spiritual, moral, dan fisik.
Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden RI Anies Rasyid Baswedan menekankan pentingnya kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas saat menghadiri acara Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Institute 2024.

Untuk mewujudkan SDM yang berkualitas tersebut, menurut Anies, setidaknya ada beberapa cara, yakni memprioritaskan pendidikan hingga membangun jembatan menuju pasar global.

"Pertama, pendidikan sebagai investasi; Kedua, fokus menumbuhkan kualitas manusia; Ketiga, eskalator sosial-ekonomi dan kunci menembus pasar global," kata Anies Baswedan sebagaimana keterangan tertulis diterima di Jakarta, Senin.

Menurut dia, majunya sebuah bangsa bukan hanya karena sumber daya alam (SDA) yang kaya, melainkan juga karena kualitas manusia yang tinggal di dalamnya.

Anies menuturkan bahwa maksud dari pembangunan Indonesia Emas 2045 sejatinya fokus membicarakan manusia.

"Mau seberapa maju bangsanya, jika tidak berpenghuni, tetap saja akan kita sebut sebagai kota mati," tutur calon presiden yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar itu.

Indonesia, kata Anies, memerlukan perubahan agar manusianya makin berkualitas.

"Perubahan menuju pengembangan manusia berkualitas harus menjadi fokus, bukan hanya sebab faktor ekonomi," katanya.

Dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang berkualitas, dia menilai pemuda turut berperan penting.

Untuk itu, Anies berharap pemuda dapat berkontribusi memajukan Indonesia dengan caranya masing-masing.

"Mengabdi pada negeri di berbagai sektor itu penting, misalnya peran diaspora yang kuliah dan kerja di luar negeri juga dapat mendapatkan link (jejaring, red.) ketika kembali ke Indonesia dapat mentransfer ilmu yang didapat sehingga kembali di Indonesia bisa berkontribusi untuk Indonesia dan mewujudkan Indonesia Emas," tuturnya.

Baca juga: Ahmad Syaikhu: Sikap AMIN untuk pekerja sejalan dengan PKS
Baca juga: Timnas AMIN: Pertemuan Anies-Emil Salim dorong semangat etika politik


Lebih lanjut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengatakan bahwa upaya meningkatkan kualitas SDM juga dapat melalui penambahan kuota penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan menambah kebermanfaatannya.

"Saya ingin mengajak kepada seluruh pelajar Indonesia di luar negeri untuk jaga stamina intelektual, spiritual, moral, dan fisik. Selalu bawa nama baik Indonesia di kancah internasional," ucap Anies.

PPI Institute 2024 bertajuk Pengembangan Sumber Daya Manusia diselenggarakan oleh PPI Dunia secara daring pada hari Sabtu (27/1).

Wakil Koordinator PPI Dunia Adi Mahardi mengatakan bahwa PPI Institute merupakan wahana bagi pelajar Indonesia di dalam maupun luar negeri untuk menambah wawasan.

"PPI Institute merupakan salah satu dari sekian banyak program yang diadakan oleh PPI Dunia juga dapat menjadi kesempatan bagi pelajar Indonesia di dalam maupun luar negeri untuk meningkatkan kompetensi yang terampil, unggul, dan berdaya saing dalam mempersiapkan Indonesia Emas 2045 ke depan," ucap Marhadi.

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024