misi dan visi yang sama sebagaimana diinginkan warga
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah warga kampung di Jakarta, utamanya Pademangan, Tanjung Priok, Koja, Cilincing dan Penjaringan, Jakarta Utara merespons ajakan memenangkan calon presiden dan calon wakil presiden nomor satu Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar pada Pilpres 2024.

"Dari 27 kampung yang hadir di sini, kami buktikan bahwa kami, masyarakat miskin ibu kota bisa mendatangkan ribuan massa dan juga bisa mendatangkan bapak Anies Baswedan," kata Ketua Panitia Munarto dalam sambutannya di Pademangan, Jakarta Utara, Senin.

Pendukung Anies-Muhaimin, tampak didominasi emak-emak dan generasi muda yang menginginkan perubahan, berkumpul di Kampung Muka Ancol, Pademangan, sekitar 3.000 sampai 4.000 orang dari 27 kampung yang ada di Jakarta.

Munarto menyampaikan 27 kampung itu seperti dari Paguyuban Warga Kampung Bayam di Tanjung Priok dan Cilincing, Kampung Kunir di Taman Sari dan Pademangan, Kampung Akuarium di Penjaringan dan lain-lain berkomitmen untuk menjalankan gerakan satu pendukung 50 suara untuk Anies Baswedan.

Gerakan itu bermakna satu pendukung akan mengajak 50 orang di dekatnya untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dan mencoblos pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut satu serta empat partai pendukungnya.

Baca juga: Anies sebut pengemudi ojek daring punya hak sebagai pekerja

Anies turut hadir di Kampung Muka Ancol bersama istri Fery Farhati untuk menyapa pendukungnya sekaligus menyaksikan penandatanganan Kontrak Politik antara calon anggota legislatif (Caleg) dengan Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) di sana.

Sementara itu di wilayah Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Tri Waluyo yang merupakan Caleg Dapil Jakarta 3 (Penjaringan-Tj Priok-Pademangan) juga menargetkan dapat meraih suara sekitar 18.000 untuk wilayah Kapuk Muara saja pada Pemilu 2024.

"Saya optimis dapat memenangkan AMIN sebagai Capres dan Cawapres pada Pemilu 2024, terlebih dengan melihat adanya misi dan visi yang sama sebagaimana diinginkan warga," kata Tri Waluyo.

Dia juga mengajak masyarakat, khususnya warga Kapuk Muara dan pendukung Anies-Muhaimin di Jakarta untuk berdeklarasi menciptakan pemilu aman, jujur dan adil.

Deklarasi yang digelar ribuan warga Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara pada Minggu (28/1) pagi itu juga diisi dengan kegiatan senam bersama serta sosialisasi pencoblosan surat suara capres-cawapres dan DPRD tingkat provinsi.

Baca juga: Timnas AMIN: Pertemuan Anies-Emil Salim dorong semangat etika politik
 
"Alhamdulillah kegiatan antusias diikuti warga sejak awal sampai akhir, ada sekitar 2.000 orang dan riil pendukung Anies-Muhaimin (AMIN)," kata Tri Waluyo.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut satu (1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut dua (2) dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut tiga (3).
 
Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024