Ambon (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo optimistis dapat memenangkan suara masyarakat Provinsi Maluku pada Pilpres 2024 tanggal 14 Februari mendatang.

"Dengan animo masyarakat seperti ini yang kami lihat, sungguh luar biasa kalau dilihat dari cara mereka memandang dan menjabat tangan saya," kata Ganjar usai kampanye di Ambon, Maluku, Senin.

Ganjar juga mengaku tersanjung dan merasa terhormat atas antusiasme masyarakat Maluku di Ambon yang setia menunggu kedatangannya sejak pagi hingga sore hari.

"Meskipun tadi pesawat saya sempat bermasalah, tetapi saya merasa tersanjung dan terhormat karena mereka setia menunggu. Saya minta maaf soal itu dan ini merupakan wujud cinta untuk kami," katanya.

Baca juga: Di Simalungun, Mahfud janji permudah pendirian rumah ibadah

Mantan gubernur Jawa Tengah itu mengaku bahwa selain Maluku, ada beberapa titik di Indonesia yang ingin dia datangi lagi. Hal itu bukan sekadar karena ingin berkampanye, tetapi juga untuk melihat kondisi daerah di ujung-ujung Indonesia.

Ganjar juga berharap masyarakat Maluku tetap berprinsip pada "pela gandong" atau ikatan persaudaraan. Sehingga, meskipun berbeda pilihan pada Pemilu 2024, hal itu tidak akan memecah belah kesatuan.

"Kita harus kendalikan panasnya politik. Hormatilah pilihan itu sebagai bentuk ekspresi dari warga negara," tambahnya.

Ganjar Pranowo berjabat tangan dengan masyarakat saat kampanye di Lapangan Merdeka Ambon, Maluku, Senin (29/1/2024). (ANTARA/Winda Herman)
Baca juga: Wali Kota Makassar tak ikuti kampanye Capres Ganjar untuk netralitas

Sebelumnya, Ganjar beserta rombongan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud lepas landas dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta dan tiba di Bandara Pattimura Ambon dengan menggunakan pesawat Hawker 4000 Registrasi N349AJ.

Ganjar beserta rombongan tiba pukul 16.00 WIT dan disambut dengan tarian cakalele. Kedatangan mereka terlambat dari jadwal kegiatan yang telah disiapkan. Awalnya, Ganjar dijadwalkan tiba di Ambon, Senin, pukul 11.00 WIT.

Meski demikian, para pengurus partai koalisi tetap setia menunggu di pelataran Bandara Pattimura Ambon bersama dengan para pendukung dan simpatisan Ganjar-Mahfud.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar janjikan pendidikan gratis dalam kampanye di Yogyakarta

Pewarta: Winda Herman
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024