Saya hari ini telah menerima perwakilan dari MSU Amerika Serikat Mrs Zoe McLaughlin Mr McLaughlin, dan Prof Salahudin Hasan dari UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi untuk membicarakan tindak lanjut study abroad
Jambi (ANTARA) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, H Anwar Sadat menerima kunjungan perwakilan Michigan State University (MSU) Amerika Serikat dalam rangkaian membahas kerja sama bidang pendidikan khusus study abroad atau pendidikan lapangan di kabupaten itu dalam satu masa studi penuh.

"Saya hari ini telah menerima perwakilan dari MSU Amerika Serikat Mrs Zoe McLaughlin Mr McLaughlin, dan Prof Salahudin Hasan dari UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi untuk membicarakan tindak lanjut study abroad yang akan dilaksanakan pada 2025 di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar)," kata Anwar Sadat, setelah menerima delegasi MSU tersebut, di Kuala Tungkal, Senin.

Pihak MSU Amerika Serikat, menyampaikan tujuan dan maksud kunjungannya yaitu untuk melihat potensi yang dimiliki Kabupaten Tanjungjabung Barat sebagai salah satu lokasi kegiatan lapangan study abroad oleh mahasiswa dari MSU pada tahun 2025.

Bupati H Anwar Sadat mengatakan dirinya mewakili pemerintah daerah mengapresiasi kedatangan tim dari Michigan State University Amerika Serikat dan Tim UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang sebelumnya juga meninjau lokasi Barat melihat lokasi kawasan Mangrove Pangkal Babu yang merupakan salah satu objek wisata alam yang dimiliki Kabupaten Tanjabbar.

Baca juga: Perdes itu melindungi hutan mangrove dan usaha warga

Pemkab) Tanjabbar akan memfasilitasi kegiatan mahasiswa Michigan State University yang akan melaksanakan kegiatan lapangan study abroad di kabupaten itu dan tentunya berharap dengan adanya kegiatan tersebut akan memberikan informasi kepada pihak luar tentang ekowisata yang ada di Tanjabbar.

"Melalui studi lapangan yang dilakukan mahasiswa MSU tersebut, kami dari pemerintah kabupaten berharap ke depannya bisa banyak lagi para wisatawan lokal maupun luar negeri yang bisa datang ke kabupaten kami mempelajari tentang wisata Hutan Mangrove Pangkalan Babu yang sudah dilirik dunia," kata Anwar Sadat.

Hutan Mangrove ini berada sebelah timur pusat Kota Kuala Tungkal, Ibu kota Kabupaten Tanjungjabung Barat yang berjarak sekitar 10 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 20 hingga 30 menit berkendara. Atau kalau dari Kota Jambi berjarak sekitar 137 kilometer dengan waktu tempuh sekitar tiga jam.

Hutan Mangrove ini masuk ke dalam wilayah administratif Pangkal Babu Desa Tungkal Satu, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Provinsi Jambi.

Berhadapan langsung dengan Laut China Selatan, menjadikan kawasan ini menarik untuk dikunjungi. Luas Kawasan Ekowisata Mangrove Pangkal Babu sekitar 500 hektare yang terbentang di bibir laut. Sebagian lahannya milik Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan sebagian lagi milik masyarakat setempat.

Baca juga: SKK Migas-PetroChina tanam ribuan mangrove di Pangkal Babu Tanjabbar

 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024