Ambon (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berjanji akan memperluas lapangan pekerjaan lebih baik, melunasi utang petani, hingga menghapus praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) di Indonesia jika terpilih memenangi Pilpres 2024.

"Ganjar-Mahfud saat ini sedang menjalani panggilan sejarah. Itu akan terwujud dengan dukungan masyarakat. Tiga hal jadi visi kami jika dipercaya memimpin Indonesia ke depan, yakni menciptakan lapangan kerja lebih baik dan bebas KKN," kata Ganjar saat kampanye terbuka di Lapangan Merdeka Kota Ambon, Maluku, Senin.

Di hadapan ribuan warga yang sudah menunggu hingga sekitar delapan jam, Ganjar menjanjikan tiga hal penting jika dipercaya warga Maluku dan rakyat Indonesia menjadi presiden RI 2024-2029.

Baca juga: Ganjar: Jateng jadi daerah seksi untuk raup suara dalam Pemilu 2024

Capres yang diusung PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo itu juga menyatakan akan mewujudkan program dalam satu keluarga harus ada seorang sarjana. Hal itu menjadi komitmen dirinya bersama Mahfud MD.

Tidak hanya itu, dia juga akan memperkuat kesetaraan gender serta memastikan utang petani dan nelayan lunas sehingga bisa kembali berproduksi.

"Saya bangga terhadap masyarakat Maluku, Kota Ambon, yang rela berpanas-panasan menunggu kurang lebih delapan jam. Saya tahu dan yakin, sungguh pendukung Ganjar-Mahfud militan, tidak takut panas, dan tidak melakukan intimidasi," tegasnya.

Baca juga: Ganjar janjikan pendidikan gratis dalam kampanye di Yogyakarta

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Provinsi Maluku, Benhur Watubun, menegaskan Maluku saat ini masih di bawah garis kemiskinan, lapangan kerja belum tersedia cukup, serta pemekaran daerah otonom baru (DOB) sulit terwujud.

"Diharapkan Ganjar-Mahfud ke depan akan mampu membawa negara Indonesia dengan baik demi mewujudkan Indonesia unggul," kata Benhur yang juga ketua DPRD Maluku itu.

Pada kampanye akbar di Ambon itu, turut mendampingi Ganjar ialah para ketua dan jajaran TPD Ganjar-Mahfud, bersama pimpinan partai koalisi. 

Dalam kampanye itu, dilakukan pula simulasi mencoblos yang baik dan benar pada tanggal 14 Februari.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar Pranowo optimistis menangkan suara pilpres di Maluku

Pewarta: Winda Herman
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024