Garut (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Garut, Jawa Barat, memastikan pendistribusian sejumlah logistik pemilihan umum (Pemilu) 2024 ke daerah pelosok wilayah selatan Garut berjalan aman dan sudah sampai diterima secara utuh oleh panitia pemilihan kecamatan (PPK).

"Sejauh ini kami menerima laporan dari teman-teman panwas kecamatan bahwa pendistribusian logistik sesuai dengan tujuan di kecamatan masing-masing," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Garut Ahmad Nurul Syahid saat dihubungi melalui telepon seluler di Garut, Senin.

Ia menuturkan Bawaslu Garut maupun jajaran di tingkat kecamatan sudah bergerak melakukan pengawasan dalam pendistribusian logistik pemilu yang saat ini sudah sebagian didistribusikan oleh KPU Garut ke sejumlah kecamatan.

KPU Garut, kata dia, memprioritaskan pendistribusian logistik pemilu ke wilayah terjauh yakni kecamatan daerah selatan Garut yang sudah dilakukannya sejak, Sabtu (27/1).

"Hingga saat ini tepat, aman dan lancar logistik yang didistribusikan," ucapnya.

Baca juga: KPU: Semua hambatan distribusi logistik dapat tertangani dengan baik

Baca juga: KPU RI monitoring ke Sorong pastikan kesiapan distribusi logistik aman


Ia mengatakan pengawasan terus dilakukan untuk memastikan dalam pendistribusian-nya berjalan lancar sampai ke tujuan seluruh PPK, terutama hambatan yang ada di Garut saat ini yakni terkait cuaca dan jarak tempuh.

KPU Garut, kata dia, harus memperhatikan masalah hambatan itu dengan memastikan kendaraan pengangkut logistik kondisinya bagus agar tidak ada hambatan di perjalanan yang nantinya bisa tertunda waktu pendistribusian logistik.

"Armada atau ekspedisi dalam pengiriman harus dalam kondisi baik, dan aman agar tidak terjadi kendala teknis di jalan yang menyebabkan kemunduran dalam sampai-nya logistik, apalagi di Garut banyak kecamatan-kecamatan yang lumayan jauh dari pusat kota," tuturnya.

Ia mengatakan perkiraan sampai Februari 2024 merupakan musim hujan, kondisi cuaca itu harus bisa diatasi agar proses pendistribusian logistik pemilu tetap berjalan lancar.

Bawaslu Garut, kata dia, selalu berkoordinasi dengan KPU Garut dalam setiap tahapan pendistribusian logistik agar prosedur dan peraturan yang berlaku yakni ketepatan jumlah, jenis, kualitas, waktu, dan tujuan.

"Untuk memastikan pendistribusian logistik aman sampai pada tujuan, kita pun menginstruksikan kepada jajaran panwaslu kecamatan se-Kabupaten Garut," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024