Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik mengatakan bahwa semua hambatan distribusi logistik Pemilu 2024 dapat tertangani dengan baik.

"Alhamdulillah, hari ini semua tantangan, semua hambatan berkaitan dengan distribusi logistik dapat tertangani dengan baik," ujar Idham saat wawancara eksklusif bersama ANTARA di Wisma Antara B, Cikini, Jakarta, Senin.

Idham tak mungkiri kalau wilayah Indonesia yang terdiri atas kepulauan dan pegunungan menjadi tantangan tersendiri.

Adapun Pemerintah dan pemerintah daerah memberikan fasilitas agar logistik pemilu bisa tepat waktu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu).

Dijelaskan pula bahwa distribusi logistik di Papua tertangani dengan baik. Standar operasional prosedur (SOP) di Papua dan daerah lainnya sama.

"Kami menggunakan jasa pengiriman logistik selain memang difasilitasi dan dibantu oleh pihak pemerintah dan pemda. Saya pikir untuk distribusi logistik tak ada masalah," katanya.

Ia optimistis pemilih dapat terlayani dengan baik oleh kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pada tanggal 14 Februari 2024.

Oleh karena itu, dia juga meminta agar pemilih dapat menggunakan hak suaranya dengan mencoblos ke tempat pemungutan suara (TPS) karena KPU telah mempersiapkan Pemilu 2024 dengan baik.

Baca juga: KPU RI monitoring ke Sorong pastikan kesiapan distribusi logistik aman
Baca juga: KPU sebut diseminasi informasi Pemilu 2024 lebih baik 


Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024