ada yang disebut tahap (batch) I itu adalah kontrak-kontrak pembangunan yang memang sudah dimulai dari sebelum 2023
Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan kemajuan pembangunan tahap I IKN di Kalimantan Timur secara keseluruhan telah mencapai 71,47 persen.

"Berdasarkan data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), ada yang disebut tahap (batch) I itu adalah kontrak-kontrak pembangunan yang memang sudah dimulai dari sebelum 2023," ujar Kepala OIKN Bambang Susantono di Jakarta, Selasa.

Pembangunan tahap I tersebut meliputi pembangunan Istana Presiden di IKN, kemudian Sumbu Kebangsaan yang pembangunannya sudah mendekati 100 persen.

"Untuk Sumbu Kebangsaan nanti ada satu Memorial Park. Memorial Park itu tempat di mana kita melakukan misalnya penghargaan kepada para pendiri Republik Indonesia, para pahlawan dan sebagainya," kata Bambang.

Biasanya, lanjut dia, kalau di Jakarta ketika ada kunjungan tamu negara membawa karangan bunga yang kemudian ditaruh di Taman Makam Pahlawan. Sedangkan nanti di IKN, para tamu negara ketika berkunjung dapat memberikan penghormatan kepada pendiri Republik Indonesia dan para pahlawan di Memorial Park.

"Jadi kita bikin Memorial Park. Memorial Park itu nanti ada patung Soekarno dan Mohammad Hatta, pendiri negara kita," kata Bambang.

Kemudian di IKN juga nantinya terdapat bukit bendera dalam rangka untuk membangkitkan nasionalisme dan api abadi yang mengawal semangat Indonesia ke depannya, terutama kalau Indonesia ingin mencapai Visi Indonesia Emas 2045.

"Mudah-mudahan itu dapat membangkitkan nasionalisme, karena di situ ada satu tiang bendera raksasa di bukit bendera, tiang bendera Merah Putih. Kemudian di kiri-kanannya itu nanti terdapat satu patung besar para pendiri bangsa kita yakni Soekarno-Hatta," katanya.

Bambang menambahkan hal tersebut sedang dimatangkan, terutama desainnya dengan arahan dari kurator desain yakni Ridwan Kamil.

Sebagai informasi, Kementerian PUPR memulai pembangunan Memorial Park di IKN sebagai penghormatan bagi para pahlawan bangsa.

Memorial Park IKN dibangun terintegrasi dengan Kawasan Plaza Sipil dan Beranda Nusantara seluas 12 hektare yang memanfaatkan titik tertinggi kedua di KIPP IKN setelah Istana Presiden. Selain Memorial Park, pada kawasan Beranda Nusantara ini nantinya juga dibangun Bukit Bendera, Museum Peradaban, dan bangunan Beranda Nusantara, terkoneksi dengan forest trail yang mengusung konsep keberagaman wilayah Indonesia.

Memorial Park IKN dibangun dengan konsep monumental yang menggambarkan “pecahnya telur” perjuangan panjang yang menghasilkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia melalui pahlawan proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta.

Sosok proklamator diwujudkan dalam patung dengan cangkang telur dan burung garuda setinggi 18 meter yang mengisahkan tentang semangat dan pemikiran beliau dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Baca juga: OIKN dan Finlandia kerja sama pengembangan kota pintar
Baca juga: Kepala Otorita IKN: Ada mobil terbang di IKN tahun 2045

Baca juga: OIKN: IKN tidak merusak hutan karena dibangun di tanah monokultur

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024