Banda Aceh (ANTARA) - Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Polda) Aceh menyatakan siap mengawal dan mengamankan distribusi logistik Pemilu 2024 di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto di Banda Aceh, Selasa mengatakan pengawalan dan pengamanan distribusi logistik pemilu dilakukan oleh petugas yang ditunjuk.

"Polda Aceh dan jajaran siap mengamankan setiap tahapan Pemilu 2024, termasuk pengawalan dan pengamanan distribusi logistik peserta demokrasi tersebut," kata Joko Krisdiyanto.

Perwira menengah Polda Aceh itu mengatakan pendistribusian logistik pemilu tersebut mulai dari Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten/kota ke panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Selanjutnya dari PPK ke panitia pemungutan suara (PPS) dan ke tempat pemungutan suara atau TPS sehari sebelum pemungutan suara dilakukan, kata Joko Krisdiyanto.

"Sebelumnya dari KIP, kepolisian juga ikut mengawal dan mengamankan logistik pemilu dari Pelabuhan Belawan di Sumatera Utara ke 23 KIP kabupaten/kota di Aceh," katanya.

Joko Krisdiyanto mengajak masyarakat ikut berpartisipasi menjaga keamanan dan ketertiban agar distribusi logistik pesta demokrasi lima tahun tersebut berjalan lancar tanpa hambatan.

"Kami terus mengajak masyarakat membantu kepolisian menjaga keamanan dan ketertiban agar tetap kondusif. Mari wujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai," kata Joko Krisdiyanto.

Sebelumnya, Ketua KIP Provinsi Aceh Saiful mengatakan semua logistik pemilu harus tiba di tempat pemungutan suara (TPS) sehari sebelumnya pemungutan suara.

"Pemungutan suara pada 14 Februari 2024. Jadi, semua logistik pemilu harus tiba di TPS sehari sebelum. Dan ini termasuk untuk wilayah terluar dan terdalam," kata Saiful.

Jumlah TPS pada Pemilu 2024 di Provinsi Aceh sebanyak 16.046 TPS. TPS tersebut tersebar di 6.499 gampong atau desa, 290 kecamatan, dan 23 kabupaten kota.

Sedangkan jumlah pemilih tetap di provinsi ujung barat Indonesia tersebut sebanyak 3,742 juta lebih, terdiri 1,839 juta lebih laki-laki dan 1,902 juta lebih perempuan.

"Kami terus memantau ketersediaan dan distribusi logistik pemilu tersebut. Sebab, ini merupakan hal terpenting dalam pemilu. Kami berharap semuanya tidak terhambat," kata Saiful.

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif tersebut digelar serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Baca juga: KPU Mukomuko upayakan tidak ada pemungutan suara ulang 
Baca juga: Bawaslu Bukittinggi maksimalkan aplikasi Siwaslu awasi Pemilu 2024
Baca juga: Gubernur Kepri gesa pengiriman logistik Pemilu antisipasi musim hujan

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024