Ambon (ANTARA) - Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku melakukan kerja sama untuk meningkatkan mutu Program Studi Statistika di kampus tersebut.

“Kerja sama Universitas Pattimura dan Badan Pusat Statistik ini kita lanjutkan lebih intensif," ucap Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan merealisasikan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani melalui Program Studi Statistika dengan melakukan berbagai kegiatan yang nyata, salah satunya meningkatkan layanan pada Pojok Statistik yang ada di Unpatti.

Hal itu dilakukan agar Pojok Statistik Unpatti dapat berjalan dengan baik dan tertata. Oleh sebab itu, akan dilakukan pembenahan termasuk fasilitas yang ada agar pengguna dapat menikmati layanan Pojok Statistik Unpatti.

Baca juga: Unpatti-Bakamla kerja sama mengedukasi kemaritiman bagi mahasiswa

"Dengan demikian, nantinya baik mahasiswa maupun tenaga pengajar di Unpatti bisa mendapatkan data-data yang akurat, terukur dengan metodologi yang tepat untuk kebutuhan riset maupun publikasi ilmiah," katanya.

Menurut dia, nantinya akan diadakan Focus Group Discussion (FGD) sebagai ruang berdiskusi antara akademisi di Unpatti dengan BPS terkait layanan, analisis, masalah, tantangan dan upaya yang dihadapi dalam bidang ini dan memberikan peluang bagi kolaborasi riset antara akademisi dengan BPS.

Rektor juga berharap publikasi Pojok Statistik Unpatti melalui berbagai media promosi cetak maupun media sosial perlu ditingkatkan agar warga kampus dapat mengetahui manfaat dan layanan pojok statistik itu sendiri.

“Melalui Pojok Statistik dapat meningkatkan literasi statistik di perguruan tinggi, terutama di Unpatti,” tuturnya.

Baca juga: Unpatti-PPATK edukasi mahasiswa berantas tindak pidana pencucian uang

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku Maritje Pattiwaellapia mengatakan sesuai dengan reformasi birokrasi BPS, pihaknya akan melakukan pembangunan statistik baik di level pemerintah daerah maupun akademisi.

"Pada 2023 kami sudah berproses dengan Pojok Statistik yang ada di Universitas Pattimura dan ini merupakan satu media dalam membangun literasi statistik di kalangan akademisi," kata Maritje.

Menurut dia, ada beberapa layanan yang akan ditingkatkan di Pojok Statistik Unpatti, di antaranya konsultasi statistik, konsultasi pemanfaatan data statistik terkait dengan penyusunan skripsi maupun tesis bahkan juga disertasi.

“Jadi nanti kami akan hadirkan ahli-ahli statistik dari BPS Provinsi Maluku yang akan terlibat langsung memberikan pemahaman dan arahan bagi mahasiswa dalam penyusunan skripsi, tesis maupun disertasi,” tuturnya.

Baca juga: Unpatti-Universiti Teknologi Malaysia tingkatkan penelitian

Maritje berharap Pojok Statistik Unpatti dapat ditingkatkan literasinya sehingga terbuka untuk semua fakultas yang ada di Unpatti, sehingga kajian-kajian penelitian yang dihasilkan akademisi dapat memperkaya literasi statistik di Provinsi Maluku.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024