Jakarta (ANTARA News) - Astra Otoparts dan MetalArt Corporation, Jepang, menandatangani perjanjian kerja sama untuk mendirikan perusahaan patungan yang akan memproduksi forging parts (komponen penempaan) yang ditujukan untuk pasar peralatan manufaktur kendaraan roda empat.

Dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Rabu, perjanjian kerja sama itu ditandatangani di Jakarta, Senin (2/9) oleh Presiden MetalArt Corporation Osamu Tada dan Presiden Direktur Astra Otoparts Siswanto Prawiroatmodjo serta Wakil Presiden Hamdhani Dzulkarnaen Salim.

Perusahaan patungan yang terletak di atas iahan seluas 3,2 hektar di Karawang International Industrial City (KKIC), Karawang, Jawa Barat, Indonesia, itu akan memproduksi komponen pabrik otomotif seperti poros mesin (crankshaft), perseneling (gears) dan batang penghubung (connecting rod).

MetalArt memegang komposisi saham terbesar, yakni mencapai 70 persen, sementara sisanya dikuasai perusahaan komponen otomotif Astra Otoparts.

Kerja sama ini menyerap total investasi sekitar 45,3 juta dolar AS. Pabrik baru tersebut diperkirakan akan memulai produksi massal di bulan Juli 2014 dengan
estimasi kapasitas produksi sekìtar 60.000 unit pada 2014 dan dapat mencapai hìngga 8,7 juta unit pada 2017.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013