Sebanyak 114 titik panas ini terpantau sepanjang Selasa (30/1) mulai pukul 01.00 hingga 24.00 WITA
Samarinda (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi 114 titik panas di Provinsi Kalimantan Timur, sehingga pihak terkait diimbau melakukan penanganan dan masyarakat diajak waspada agar tidak terjadi penambahan titik panas.

"Sebanyak 114 titik panas ini terpantau sepanjang Selasa (30/1) mulai pukul 01.00 hingga 24.00 WITA," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Rabu.

Informasi sebaran titik panas ini pun sudah disampaikan ke pihak terkait, termasuk ke Manggala Agni, kemudian ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim  dan kabupaten masing-masing agar dapat dilakukan tindakan lebih lanjut.

Baca juga: TNGR: 5 titik api masih terlihat di lahan kebakaran Gunung Rinjani

Jumlah titik panas sebanyak ini mengalami kenaikan jika dibanding hari sebelumnya (Senin, 29/1) yang terpantau 48 titik, sehingga ia mengimbau semua pihak selalu waspada dan sama-sama mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), seperti tidak melakukan pembakaran di hutan maupun lahan.

Diyan menyebut, sebanyak 48 titik panas yang terpantau pada Senin tersebar di empat kabupaten yakni Kutai Barat 2 titik, Kutai Timur 36 titik, Kutai Kartanegara 8 titik, dan Kabupaten Berau terdeteksi 2 titik.

Sedangkan 114 titik yang terpantau Selasa kemarin, tersebar di lima kabupaten yakni Paser 2 titik, Kutai Barat 2 titik, Kutai Timur 84 titik, Kutai Kartanegara 21 titik, dan Kabupaten Berau terdeteksi 5 titik titik panas.

Rinciannya adalah dua titik di Kabupaten Paser berada di Kecamatan Batu Engau dengan tingkat kepercayaan menengah, 2 titik di Kutai Barat tersebar di Kecamatan Bongan dan Barong Tongkok juga memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Baca juga: Titik api kebakaran Gunung Merbabu tersebar di lima dusun

Lantas 84 titik di Kutai Timur tersebar di delapan kecamatan yakni Bengalon 32 titik, Kongbeng 3 titik, Long Mesangat 2 titik, Muara Bengkal 3 titik, Muara Wahau 6 titik, Rantau Pulung 4 titik, Telen 10 titik, dan Kecamatan Teluk Pandan 4 titik, dengan tingkat kepercayaan bervariasi antara tinggi, menengah, dan rendah.

Di Kutai Kartanegara yang terpantau 21 titik, lanjutnya, tersebar di sembilan kecamatan yakni Kembang Janggut 7 titik, Kota Bangun 1 titik, Loa Janan 4 titik, Loa Kulu 4 titik, Marangkayu 1 titik, Muara Kaman 1 titik, Muara Muntai 1 titik, Samboja 1 titik, dan Kecamatan Tabang 1 titik, dengan tingkat kepercayaan menengah dan tinggi.

“Di Kabupaten Berau yang terdeteksi lima titik panas, tersebar di tiga kecamatan yakni Gunung Tabur 1 titik, Kelay 3 titik, dan Kecamatan Segah 1 titik. Kelimanya memiliki tingkat kepercayaan menengah," kata Diyan.

Baca juga: Pemkot sebar pipa injeksi di 40 titik padamkan api di TPA Rawa Kucing

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024