Saya mengalahkannya ketika saya berusia 13 tahun dalam turnamen junior...
New York (ANTARA News) - Unggulan kedelapan dari Prancis Richard Gasquet maju untuk pertama kalinya ke babak semifinal AS Terbuka, Rabu, setelah menang 6-3, 6-1, 4-6, 2-6, 6-4 atas David Ferrer, unggulan keempat dari Spanyol.

Gasquet, yang dalam empat turnamen besar sebelumnya hanya maju ke putaran empat besar di Wimbledon pada 2007, merupakan petenis Prancis pertama yang maju ke semifinal di New York, sejak Cedric Pioline pada 1999.

Ini merupakan kemenangannya yang kedua dalam 10 pertemuan dengan Ferrer.

Ia selanjutnya akan bertemu dengan pemain nomor satu dunia Rafael Nadal, calon lawan yang tidak pernah dikalahkannya dalam 10 pertandingan mereka, kendati ia pernah mengalahkan petenis Spanyol itu saat mereka bertanding pada masa junior.

Nadal mengalahkan rekan senegaranya dari Spanyol Tommy Robredo pada pertandingan perempat final.

"Saya mengalahkannya ketika saya berusia 13 tahun dalam turnamen junior. Rafa teman baik saya, jadi merasa hebat sekali dapat bertanding melawannya," kata Gasquet, yang memiliki catatan pertemuan 2-2 dengan Robredo seperti dikutip AFP.

Gasquet sudah melakoni pertandingan panjang dalam turnamen itu, setelah sebelumnya bertemu dengan Milos Raonic pada putaran keempat. Tapi ia tidak merasa lelah setelah bermain empat jam 40 menit pada laga yang sempat dimenanginya dalam dua set awal lawan Ferrer.

Dua pertandingan perempat final lainnya akan dimainkan Kamis dan unggulan utama Novak Djokovic, juara pada 2011 yang sejauh ini belum kecolongan satu set pun, akan bertemu dengan unggulan ke-21 dari Rusia Mikhail Youzhny, semifinalis dua kali.

Juara bertahan Andy Murray, unggulan ketiga, bertanding lawan Stanislas Wawrkinka, unggulan kesembilan dari Swiss.

Penerjemah: AR Loebis

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013