Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI menyediakan alat bantu tuna netra di tempat pemungutan suara (TPS) setiap wilayah Jakarta demi memenuhi hak suara mereka dalam Pemilu 2024.

"Hanya satu alat di tiap TPS karena tak mudah rusak dan sama kayak kertas suara tapi dia tulisannya itu braille," kata Kepala Divisi Perencanaan dan Logistik KPU DKI Jakarta Nelvia Gustina saat ditemui di KPU DKI Jakarta, Rabu.

Nelvia menjelaskan,  pihaknya juga telah menyiapkan sebanyak 30.766 alat bantu tuna netra sebagai fasilitas di TPS bagi pemilih disabilitas.

Saat menggunakan alat bantu itu, diharapkan pemilih bisa membaca terlebih dahulu tulisan yang ada di braille tersebut.

Kemudian, nantinya ada pendamping yang menemani untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemilih disabilitas.

"Dia diharuskan pakai pendampingan ya mulai dari datang, mengisi formulir dan sebagainya," ujarnya.

KPU DKI turut mendata ada berapa jenis disabilitas dan dipetakan sehingga nanti TPS yang terdapat pemilih disabilitas bisa menyesuaikan lokasi.

Dengan demikian, Komisi Pemilu Umum (KPU) DKI menjamin tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 di Jakarta ramah pemilih disabilitas untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

Berdasarkan data dari KPU DKI, tercatat Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 berjumlah 8.252.897 pemilih.

Dari total keseluruhan 8,2 juta jumlah pemilih tersebut, 61.747 di antaranya merupakan penyandang disabilitas termasuk 3.968 penyandang disabilitas sensorik netra.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin lskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Pemprov DKI kerahkan 3.838 personel Satpol PP amankan proses pemilu
Baca juga: KPU DKI ingatkan warga terkait batas akhir urus pindah lokasi memilih

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024