Karena masukan dan tidak menimbulkan persepsi yang multitafsir, saya minta untuk dihapus.
Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menjelaskan alasannya menghapus unggahan reel ucapan Hari Lahir (Harlah) Ke-101 Nahdlatul Ulama yang di dalam video tersebut terdapat tampilan tokoh anime (animasi atau kartun khas Jepang) Naruto dan seorang pria berpeci memakai kemeja warna biru mirip salah satu pasangan calon presiden.
 
Jenderal polisi bintang empat itu menjelaskan bahwa postingan Instagram kedua karakter tersebut sudah hampir setahun hadir dalam setiap postingannya. Animasi tersebut merupakan karya yang dibuat oleh anak-anak kelompok disabilitas.
 
"Sebenarnya postingan Instagram dengan karakter model tersebut sudah lama (hampir setahun) merupakan apresiasi terhadap hasil animasi kelompok anak-anak disabilitas," kata Sigit lewat pesan instan diterima wartawan di Jakarta, Rabu.
 
Mantan Kabareskrim itu mengatakan bahwa animasi hasil karya anak-anak kelompok disabilitas tersebut kerap digunakan dalam postingannya terdahulu.
 
Namun, lanjut dia, adanya masukan dari awak media terkait dengan postingan tersebut, sekaligus menghindari terjadinya multitafsir, postingan tersebut dihapus.
 
"Karena masukan dan tidak menimbulkan persepsi yang multitafsir, saya minta untuk dihapus. Terima kasih masukannya karena saya juga baru cek," ujar Sigit.

Baca juga: Anime "NARUTO" rayakan ulang tahun ke-20 lewat video spesial
Baca juga: Konduktor "cosplay" jadi Naruto di konser "an Anime Symphony"
 
Sebelumnya, Kapolri memosting video reel ucapan Harlah Ke-101 NU yang berisi tayangan animasi warga Nahdlatul Ulama (nahdiyin) menyanyikan lagu Ya Lal Wathon.

Postingan itu terpantau pada pukul 09.33 WIB. Sejurus kemudian sekitar pukul 11.16 WIB, postingan tersebut sudah dihapus.
 
Dalam video animasi tersebut di bagian belakang nahdiyin terdapat sosok tokoh anime Naruto berdiri bersama sosok pria berbadan gembul mengenakan peci hitam dan baju kemeja lengan panjang berwarna biru.
 
Terkait dengan anime Naruto dan sosok pria berbadan gembul tersebut memang sudah banyak tampil dari beberapa postingan Kapolri.
 
Seperti ucapan Selamat Tahun Baru 2024, juga terdapat karakter anime salah satu tokoh Naruto dan One Peace serta pria berbadan gembul yang mengenakan baju polisi.
 
Pada peringatan Hari Ibu 2023 juga ada tokoh Naruto kecil dan polisi berbadan gembul berseragam. Begitu pula pada ucapan peringatan Hari Guru, terdapat anime serupa.
 
Berdasarkan pantauan, Sigit mulai mengunggah video reel anime berisi ucapan peringatan hari-hari penting sejak HUT Polri pada tanggal 1 September 2023.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024