Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menyatakan keberadaan pasar rakyat menjadi sarana vital sebagai upaya mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat.

"Pasar rakyat sebagai pusat perbelanjaan atau pusat transaksi jual beli barang menjadi sarana penting dalam upaya percepatan peningkatan ekonomi warga," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan di Sigi, Sulteng, Rabu.

Pemerintah Kabupaten Sigi membangun tiga pasar rakyat yang tersebar di tiga desa yakni Desa Bulubete, Kecamatan Dolo Selatan; Desa Sibalaya, Kecamatan Tanambulava, dan Desa Maranatha, Kecamatan Sigi Biromaru.

Peresmian ketiga pasar itu dilakukan Bupati Sigi di Pasar Rakyat Desa Bulubete, Rabu.

Pembangunan Pasar Bulubete melibatkan kolaborasi antara pemerintah daerah, masyarakat, dan pihak terkait lainnya.

Bupati Sigi mengapresiasi semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan pasar rakyat, termasuk pedagang dan seluruh masyarakat yang telah bekerja keras untuk mewujudkan pasar yang representatif.

Menurut dia, dengan adanya tiga pasar tersebut hasil-hasil pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, dan lainnya dapat langsung dijual di pasar.

"Salah satu prioritas pembangunan daerah adalah membangun ekonomi masyarakat, oleh karena itu bentuk intervensi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sigi adalah menyediakan akses pasar bagi masyarakat," ujarnya.

Ketiga pasar rakyat tersebut diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan ekonomi dan perdagangan yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal.

"Oleh karena itu, pentingnya pasar ini dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat, serta memberikan peluang bagi para pedagang lokal untuk mengembangkan usaha mereka," ujarnya.

Bupati Sigi juga mengingatkan kepada semua pihak untuk bersama-sama menjaga prasarana yang telah disediakan oleh pemerintah tersebut.

"Pasar rakyat ini benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik, sehingga memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat," imbuhnya.

Ia juga meminta pemerintah desa, kecamatan dan semua pihak agar menjaga keamanan dalam setiap kegiatan jual beli di tiga pasar rakyat itu.

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024