Palu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, meminta Wanita Islam Alkhairaat (WIA) di daerah tersebut agar membantu pemerintah daerah setempat memberdayakan perempuan melalui pendidikan.

"Khususnya generasi muda kita, remaja perempuan, dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia," ucap Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Selasa.

WIA merupakan salah satu badan otonom Alkhairaat yang tersebar di wilayah timur Indonesia termasuk Kabupaten Sigi.

Bupati Sigi Mohamad Irwan mengemukakan bahwa WIA memiliki peran strategis dalam menopang pembangunan manusia yang diselenggarakan oleh Pemkab Sigi.

"Sebagai organisasi Islam, WIA memiliki peran strategis dalam membantu mencerdaskan kehidupan bangsa," katanya.

Baca juga: Pemkab Sigi bersama WIA gelar dzikir akbar sambut Tahun Baru 2023

Ia berharap pengurus WIA Kabupaten Sigi dapat mengoptimalkan peran dan fungsi organisasi Islam tersebut utamanya terkait dengan upaya membangun kualitas hidup generasi muda dari aspek pendidikan.

"Dengan demikian, WIA dalam perkembangannya akan lebih memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembinaan masyarakat dari aspek pendidikan," ujarnya.

Menurut dia, WIA sebagai organisasi perempuan sekaligus organisasi Islam diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan daerah, utamanya pada pembangunan keamanan, ketertiban, dan kedamaian melalui pendekatan agama dan pendidikan.

Oleh karena itu, ia berharap pengurus WIA di semua tingkatan di Kabupaten Sigi agar bersinergi dan menjaga persatuan serta silaturahim untuk memaksimalkan peran organisasi.

Baca juga: Bupati Sigi: Alkhairaat berperan bangun kemaslahatan umat

"Sebagai organisasi Alkhairaat, maka pengurus WIA di Kabupaten Sigi harus mengedepankan kepentingan umat daripada kepentingan pribadi," katanya.

"Marilah kita tampil sebagai uswatun hasanah, teladan yang baik dan mewariskannya kepada generasi kita yang akan datang," ujar Mohamad Irwan.

Selain itu, Pemkab Sigi juga mengharapkan WIA Sigi juga dapat membantu pemerintah dalam memberdayakan ekonomi perempuan di daerah itu dalam rangka menopang percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Sigi mengatakan bahwa Pemkab Sigi siap mendukung dan bersinergi dengan WIA Kabupaten Sigi dalam pemberdayaan masyarakat.

Baca juga: Guru Besar: Alkhairaat berkontribusi besar bangun SDM

"Kontribusi yang telah diberikan oleh WIA harus terus ditingkatkan demi kepentingan masyarakat," ucapnya.
 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024