Tentunya atas restu keluarga, yayasan Menara Kudus, serta pengelola madrasah yang sebagian besar muridnya Kiai Raden Asnawi. Pemkab Kudus akan mendukung supaya bisa dinobatkan sebagai pahlawan nasional
Kudus (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kudus Muhamad Hasan Chabibie menandatangani surat usulan Kiai Haji (KH) Raden Asnawi yang merupakan ulama kharismatik, pendiri dan penggerak Nahdlatul Ulama (NU) dari Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sebagai sebagai pahlawan nasional.

"Surat usulan KH Raden Asnawi memang sudah saya tandatangani, termasuk pembentukan tim untuk menjadikan KH Raden Asnawi sebagai pahlawan nasional," ujarnya di Kudus, Rabu.

Ia meminta izin masyarakat di Kudus terkait usulan tersebut dan menilai masyarakat Kudus mengetahui sosok beliau. Meskipun dirinya hanya sebatas sebagai penjabat bupati, kata dia, tetap akan mencoba mengikhtiarkan usulan tersebut.

"Tentunya atas restu keluarga, yayasan Menara Kudus, serta pengelola madrasah yang sebagian besar muridnya Kiai Raden Asnawi. Pemkab Kudus akan mendukung supaya bisa dinobatkan sebagai pahlawan nasional," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Kudus dukung usulan Kiai R. Asnawi sebagai pahlawan nasional

KH Raden Asnawi semasa hidupnya juga berjasa cukup besar, tidak hanya di bidang pendidikan, melainkan juga berjasa dalam melawan penjajah meskipun tidak sampai mengangkat senjata karena mampu mengobarkan semangat para santri dalam mengusir penjajah dari negeri ini.

Beberapa waktu lalu juga sempat digelar seminar terkait usulan gelar pahlawan nasional bagi KH Raden Asnawi Kudus di aula Pondok Pesantren Al Asnawiyah Bendan Kudus.

Adapun persyaratan untuk mengusulkan KH Raden Asnawi sebagai pahlawan antara lain memiliki integritas dan berjasa terhadap negara serta merupakan warganegara Indonesia.

Baca juga: Pemerintah berikan gelar pahlawan nasional kepada empat tokoh
Baca juga: Pemerintah naikkan dana kesejahteraan keluarga pahlawan nasional

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024