peran nelayan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan protein masyarakat
Koba, Babel, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan sebanyak 3.800 nelayan tradisional menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Saat ini baru tercatat sebanyak 1.400 nelayan yang sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang disubsidi pemerintah selama satu tahun, target kami sebanyak 3.800 nelayan," kata Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah Imam Soehadi di Koba, Rabu.

Imam menjelaskan, BPJS Ketenagakerjaan merupakan perlindungan sosial bagi nelayan karena pekerjaan mereka penuh dengan risiko kecelakaan di laut.

"Tahun ini program asuransi nelayan terus kita jalankan sampai terpenuhi target 3.800 nelayan," ujarnya.

Ia menjelaskan, BPJS Ketenagakerjaan bagi para nelayan itu diterbitkan secara gratis selama satu tahun yang dananya bersumber dari APBD dan dana insentif fiskal (DIF).

Baca juga: Bupati Bangka Tengah serahkan klaim JKM dan premi asuransi nelayan
Baca juga: BPJAMSOSTEK targetkan 50 persen nelayan jadi peserta jamsostek


Dinas Perikanan Bangka Tengah menetapkan tiga sasaran penerima BPJS Ketenagakerjaan bagi warga pesisir yaitu nelayan, para pembudidaya dan pengolah hasil perikanan.

"Untuk awal tahun ini kita akan menerbitkan sebanyak 200 kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi nelayan yang ditanggung pemerintah daerah melalui APBD," ujarnya.

Selain BPJS Ketenagakerjaan yang disubsidi pemerintah, ada juga bersifat mandiri dengan biaya ditanggung pribadi.

"Kalau yang ditanggung pemerintah daerah itu hanya berlaku satu tahun, setelah itu nelayan tinggal melanjutkan dengan biaya mandiri," ujarnya.

BPJS Ketenagakerjaan yang biayanya ditanggung pemerintah selama satu tahun sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap warga pesisir.

"Ini bentuk kepedulian kita karena mereka bekerja penuh dengan risiko dan peran nelayan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan protein masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Bandarlampung: 1.192 nelayan terdaftar polis asuransi BP Jamsostek
Baca juga: Jamsostek perkenalkan program jaminan sosial ke nelayan
Baca juga: Pemprov Kepri lanjutkan program bantuan BPJS Ketenagakerjaan nelayan

Pewarta: Ahmadi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024