Jakarta (ANTARA) - Berita pemberian dukungan atau asistensi Kementerian Sosial (Kemensos) yang memperjuangkan hak suara 820 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 menyita banyak perhatian khalayak pada kanal humaniora Antaranews.com, Rabu (31/1/2024).
 
Asistensi itu agar ODGJ bisa memilih pada Tempat Pemungutan Suara atau TPS yang berada di sentra-sentra Kementerian Sosial.
 
Selain itu, berita obat herbal untuk hewan yang semakin marak digunakan juga menjadi salah satu pemberitaan yang populer di Antara. BRIN terus melakukan riset dan pengembangan yang bersumber dari biodiversitas Indonesia untuk diolah menjadi obat herbal.
 
Berikut berita-berita terpopuler selengkapnya:
 
1. Kemensos siap asistensi ODGJ di sentra beri hak suara pada Pemilu 2024
 
Kementerian Sosial siap memberikan asistensi kepada orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ di sentra-sentra untuk memberikan hak politiknya saat pemilihan umum pada 14 Februari 2024.
 
Sebanyak 820 ODGJ dipastikan berhak menggunakan hak suara sesuai dengan ketentuan undang-undang dan mereka mendapat perawatan di 31 sentra milik Kementerian Sosial.
 
Baca selengkapnya di sini:
 
 
2. Presiden Jokowi salurkan bantuan pangan di Kabupaten Klaten
 
Presiden Joko Widodo menyalurkan bantuan pangan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dia memastikan bantuan sosial itu juga diberikan pada Februari dan Maret.
 
Baca selengkapnya di sini.
 

3. Pemkot diminta serius benahi Medan Zoo usai empat harimau mati
 
Anggota Komisi III DPRD Kota Medan Bukhari meminta pemerintah kota serius membenahi Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo pasca terjadinya kematian empat ekor harimau dalam tiga bulan terakhir.
 
Baca selengkapnya di sini.
 

4. BMKG deteksi 114 titik panas di Kalimantan Timur
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi 114 titik panas di Provinsi Kalimantan Timur, sehingga pihak terkait diimbau melakukan penanganan dan masyarakat diajak waspada agar tidak terjadi penambahan titik panas.

Baca selengkapnya di sini.
 

5. BRIN ungkap pemanfaatan obat herbal untuk hewan kian masif
 
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan pemanfaatan obat untuk hewan yang bersumber dari kekayaan biodiversitas kian marak digunakan oleh masyarakat.
 
Kepala Organisasi Riset Kesehatan BRIN Indi Dharmayanti mengatakan Indonesia memiliki kurang lebih 30.000 spesies tumbuhan maupun sumber daya laut. Beberapa tumbuhan berupa bahan alam berpotensi sebagai obat herbal alami.
 
Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024